0
MARELAN | GLOBAL SUMUT-Penyaluran RASKIN (Beras untuk Rumah Tangga Miskin) sudah dimulai sejak 1998. Krisis moneter tahun 1998 merupakan awal pelaksanaan RASKIN yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan rumah tangga terutama rumah tangga miskin. Pada awalnya disebut program Operasi Pasar Khusus (OPK), kemudian diubah menjadi RASKIN mulai tahun 2002, RASKIN diperluas fungsinya tidak lagi menjadi program darurat (social safety net) melainkan sebagai bagian dari program perlindungan sosial masyarakat. Melalui sebuah kajian ilmiah, penamaan RASKIN menjadi nama program diharapkan akan menjadi lebih tepat sasaran dan mencapai tujuan RASKIN.

Seperti yang dilakukan Oleh Keluarahan Tanah 600 Kecamatan Medan Marelan, Sebanyak 1318 KK dari 11 Lingkungan Kelurahan Tanah 600 Kecamatan Medan Marelan yang memiliki kartu KPS mendapat jatah raskin, menyerbu Kantor Lurah tanah 600 guna dapat membeli beras dengan harga yang murah dari Bulog.

Sementara dari segi kualitas beras, beberapa penerima raskin ini mengaku puas.
Salah satu warga penerima raskin, Aswan mengakui bahwa kualitas raskin yang diterimanya cukup bagus kualitas beras yang bersih. “Biasanya kalau saya buka, kadang-kadang ada bersih, kadang-kadang ada juga kotorannya tapi kalau kali ini sepertinya kualitas beras yang di bagikan oleh Kelurahan Tanah 600 cukup bagus” ujarnya.Rabu (7/9/2016).

Kepala Lingkungan 10 Rizal,  mengaku bahwa penerima raskin khususnya di Kelurahan Tanah 600 ini telah disesuaikan dengan data pemilik kartu KPS, dan cara kerja kami dibantu oleh beberapa Kepala Lingkungan lain yang ada di Kelurahan Tanah 600 kecamatan Medan Marelan untuk membagikan Raski kepada Warga. ( Ind )

Post a Comment

Top