0
T.BALAI | GLOBAL SUMUT-Dalam rangka memperingati HUT ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) tahun 2016, Polres Tanjung Balai mengelar upacara di Halaman Mapolres Tanjung Balai, Jumat (30/12) pukul 08.30 WiB. Hut kali ini bertema "Kita tingkatkan kopetensi propesi satpam indonesia dengan melalui pelatihan dalam rangka pelaksanaan tugas secara profesional, modern dan terpercaya (promoter) guna menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya".

Adapun yang menjadi inspektur upacara pada Hut Satpam ke 36 Tahun 2016 adalah Walikota Tanjung Balai M. Syahrial, SH. MH dan sebagai komandan upacara adalah Surya Hadi Manurung Satpam Hypermart Tanjung Balai. Pada pelaksanaan upacara pada Hut Satpam ke 36 Tahun 2016 dihadiri juga kapolres Tanjung Balai AKBP Tri Setyadi Artono, SH. S.I.K., M.H, Mewakili Kepala Kantor Imigrasi Kota Tanjung Balai, Kasat Pol PP Kota Tanjung Balai, Waka Polres Tanjung Balai Kompol Anggoro Wicaksono, SH. S.I.K, MH Para pejabat utama polres, Satpam, Satpol PP, Dishub, Pramuka Saka Bhayangkara dan Kelompok Masyarakat Kota Tanjung Balai.
Walikota Tanjung Balai menyampaikan amanat dari Kapolri menyatakan bahwa kiprah Satpam memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri memelihara stabilitas Kamtibmas secara historis, untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keamanan masyarakat, serta dalam rangka mempersatukan arah dan tujuan penyelenggaraan kegiatan pengamanan internal pada lingkungan kerja masing-masing, maka berdasarkan SK Kapolri No.Pol: Skep/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980, ditetapkan pola pembinaan Satpam, hingga saat ini diperingati sebagai hari terbentuknya Satpam di Indonesia.

Kapolres Tanjung Balai AKBP Tri Setyadi Artono, SH. S.I.K., M.H pada saat itu juga mengatakan kiprah satpam memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri memelihara stabilitas Kamtibnas. Secara historis sebelum lahirnya kepolisian modern, pengamanan terhadap diri keluarga maupun harta benda, dilakukan oleh tiap-tiap anggota masyarakat yang dikenal dengan pengamanan swakarsa. "Anggota Satpam memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha, dalam hal ini Kapolri menetapkan kebijakan prioritas sebagai salah satu program yaitu Membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas," ujar Kapolres

Upacara Hut Satpam ke 36 Tahun 2016 berjalan dengan tertib dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah juara pertandingan futsal yang dilaksanakan dari tanggal 24 s/d 25 Desember 2016 di Lapangan Futsal Gor Wira Satya Polres Tanjung Balai. Hasil dari pertandingan diperoleh Tim Futsal Satpam Gabungan perbakan sebagai juara 1. Tim Futsal Satpam Gabungan Instansi mendapat juara 2. Sedangkan Tim Futsal Satpam Gabungan Polres B memperoleh juara 3 dan Tim Futsal Satpam Gabungan Perusahaan menjadi juara harapan 1.(res/red)

Posting Komentar

Top