0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyampaikan ucapan selamat hari kemerdekaan kepada pemerintah dan rakyat India.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan masyarakat Sumatera Utara saya menyampaikan Selamat Hari Kemerdekaan kepada pemerintah dan rakyat India,” ujar Erry Nuradi pada resepsi makan malam dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik India ke-68 di Grand Aston Hotel Medan, Kamis (26/1/2017).

Hadir dalam kesempatan itu Konsul Jenderal India di Medan Dr. Shalia Syah, Konsul Jenderal negara-negara sahabat, anggota DPD-RI Parlindungan Purba, unsur FKPD, masyarakat India di Sumut serta undangan lainnya.

Gubernur dalam sambutannya mendoakan kesejahteraan bagi ke dua bangsa. “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan kekuatan bagi semua untuk lebih meningkatkan hubungan persaudaraan antar bangsa demi kesejahteraan rakyat kedua negara,” kata Erry.

Menurut Gubsu Erry, antara Sumatera Utara dengan Republik India, persahabatan dan kerjasama telah berlangsung sejak lama. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, menurutnya, menghargai berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Republik India dalam membina hubungan kerjasama dengan Indonesia.

Pihaknya juga masih membuka berbagai peluang bagi munculnya terobosan dan kerjasama baru dalam berbagai bidang. Berdasarkan data BPS Provsu bahwa selama bulan Januari-Nopember 2016 ekspor Sumatera Utara ke India tercatat sebesar 685.634 juta US Dollar atau 10,32 persen dari total ekspor Sumatera Utara.

Sedangkan, nilai impor dari negara India pada bulan Januari-Nopember 2016 sebesar 120,693 Juta US Dollar atau 3,44 persen dari keseluruhan impor Sumatera Utara.

Jadi, menurut Gubsu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat berkepentingan agar kerjasama dengan Republik India dapat lebih kuat lagi. Kerjasama, dikatakan Erry, tidak hanya dibangun karena kesepakatan antar pemerintah tetapi juga hubungan personaliti antar warga kedua negara.

Selain itu, menurut Gubsu, hubungan diplomatik dengan India juga sangat baik ditandai dengan TNI AL kedua negara melakukan kerjasama latihan pengawasan laut 2 kali setahun, hal ini mengeratkan antara kedua negara yang saling berdekatan sedangkan populasi masyarakat dan etnis India relatif banyak di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan dan berbaur harmonis dengan masyarakat pribumi.

Sebelumnya, Konsul Jenderal India di Medan Dr Shalia Syah mengatakan, bahwa Negara India merdeka pada tanggal 26 Januari 1950. Pada pelantikan Presiden I India ketika itu, Presiden RI pertama Soekarno menjadi tamu kehormatan. “Dan sejak itu hubungan kedua negara sangat erat,” kata Shalia.

Menurut Konjen Shalia saat ini hubungan India dan Indonesia mendapat semangat baru dimana bulan Desember lalu Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke India.

Presiden bertemu dengan Perdana Menteri India dan membicarakan tentang hubungan kerjasama ekonomi kedua negara.[rs/gbs/mdn]

Posting Komentar

Top