0
TEBING TINGGI | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi mengajak siswa-siswi SMA/SMK di Sumatera Utara lebih giat belajar, terutama menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung dalam waktu dekat, yakni mulai 3-10 April 2017.

“Saya merasa bangga bisa bersama para pelajar, calon-calon pemimpin di masa depan, tetap semangat untuk menghadapi ujian nasional. Belajar lebih giat,” tutur Erry saat memberikan semangat motivasi kepada para siswa-siswa SMAN 1 Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi dan SMA Negeri Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Senin (27/2/2017).

Hadir pada kesempatan tersebut Pj Walikota Tebing Tinggi OK Zulkarnain, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, unsur FKPD Tebing Tinggi/Sergai, Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Walikota dan Wakil Walikota Tebing Tinggi periode 2017-2022 terpilih Umar Zunaidi Hasibuan dan Oki Doni Siregar, SKPD Provinsi Sumatera Utara hadir diantaranya Kepala Dinas Kominfo Provsu M Fitriyus, Plt Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus, Kadis Pendidikan Serdang Begadai dan Tebing Tinggi, para kepala sekolah SMA dan SMK se-Kota Tebing Tinggi dan Sergai, para guru dan siswa siswi SMAN 1 Tebing Tinggi dan SMAN 1 Perbaungan.

Gubsu Erry menyebutkan, tahun lalu sekitar 90 sekolah yang mengikuti UNBK. Ditahun 2017 ini akan diikuti 900 sekolah se-Sumatera Utara. Gubsu mengatakan bahwa ada beberapa manfaat pelaksanaan UNBK dibandingkan dengan Ujian Nasional berbasis kertas atau sering disebut Paper Best Test (PBT) diantaranya sebagai berikut.

Lebih kecil kemungkinan terjadi keterlambatan soal, tertukarnya soal dan ketidakjelasan hasil cetak soal. Selanjutnya tidak ada kerumitan pengumpulan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).

Gambar menjadi jelas. Disamping itu lebih mengakomodasi siswa dengan ketunaan. Misalnya untuk low vision tulisan dan gambar bisa diperbesar. Juga Hasil ujian bisa diumumkan secara lebih cepat sehingga siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi atau untuk masuk kedunia kerja serta UN memungkinkan untuk dilakukan beberapa kali dalam setahun sehingga siswa lebih singkat menunggu UN berikutnya. “Dengan UNBK juga lebih memudahkan pengamanan dan penyediaan logistik,” ucap Gubsu Tengku Erry.

Gubsu Erry juga mengatakan, bahwa saat ini zaman berbasis IT , kami berharap kepada para siswa agar lebih memahami komputer, IT karena dengan teknologi. Dengan teknologi akan banyak didapatkan kemudahan-kemudahan,” sebut Gubsu.

Gubsu juga berpesan kepada para siswa agar terus belajar dengan serius untuk mencapai cita-cita dan terus meningkatkan pengetahuan. Karena menurut Gubsu tidak ada negara dapat maju tanpa SDM yang berkualitas.

“Tetaplah belajar dengan tekun dan terus meningkatkan kualitas dalam mencari ilmu pengetahuan. Karena keberahasilan anak-anak kami berada pada diri anak-anak kami. Tetap semangat dan raihlah cita-citamu setinggi mungkin,” ujar Gubsu.

Gubsu juga berpesan kepada para siswa agar terus belajar dengan serius untuk mencapai cita-cita dan terus meningkatkan pengetahuan. Karena menurut Gubsu tidak ada negara dapat maju tanpa SDM yang berkualitas. “Tetaplah belajar dengan tekun dan terus meningkatkan kualitas dalam mencari ilmu pengetahuan. Karena keberahasilan anak-anak kami berada pada diri anak-anak kami. Tetap semangat dan raihlah cita-citamu setinggi mungkin,” ujar Gubsu yang juga melayani para siswa-siswi yang mengajaknya berselfie.[rs/gbs]

Posting Komentar

Top