0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi mengatakan, misi kemanusiaan secara adil yang dilakoni SAR sangat berjasa dan patut diacungi jempol.

“Kami mengharapkan relawan SAR bekerja penuh ikhlas dan semangat mengemban amanah dalam melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian serta penanganan musibah seperti kecelakaan pesawat, kapal dan bencana alam lainnya,” tandas Gubsu Erry pada peringatan hari ulang tahun ke-45 Badan Sar Nasional (Basarnas) yang kini disebut Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) di kantor Basarnas Medan Jalan Jamin Ginting No 99, Medan Tuntungan, Selasa (28/02/2017).

Usai menjadi inspektur upacara, Gubsu Erry melakukan pengecekan sejumlah peralatan SAR Kota Medan. Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya perwakilan unsur Forkopimda Provsu, Kepala Basarnas Medan Budiawan, Kepala BPBD Provsu Riadil Akhir Lubis, FKPD Kota Medan dan undangan.

Membacakan sambutan tertulis Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M Syaugi SSos MM, Gubsu Erry menyebutkan peringatan HUT ke-45 Basarnas tahun ini diselenggarakan dalam suasana yang cukup sederhana. Namun kesederhanaan ini hendaknya tidak mengurangi kekhidmatan dan makna akan nilai-nilai yang ada serta pengabdian khususnya yang terkait dengan tugas-tugas dibidang pencarian dan pertolongan.

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa waktu belakangan ini berbagai macam kecelakaan bidang transportasi atau bencana sering terjadi di tanah air dan telah menimbulkan korban jiwa. Oleh karenanya, Basarnas berupaya terus untuk dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan jasa SAR.
“Kepada seluruh kepala kantor SAR dan jajaran, sebagai unjung tombak pelaksanaan operasi SAR untuk senantiasa bersiap siaga dari segala kemungkinan serta meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan organisasi potensi SAR yang terdapat di wilayah kerja masing-masing, agar dapat memberikan pelayanan jasa SAR yang terbaik untuk masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Keberhasilan dalam memberikan pelayanan jasa SAR merupakan hasil kerjasama dan sinergitas diantara elemen internal Basarnas maupun hasil koordinasi dan kerjasama yang baik dengan organisasi potensi SAR. Oleh karena itu, sinergitas dan kerjasama harus semakin ditingkatkan.

“Keberhasilan yang selama ini telah kita capai tentunya tidak menjadikan kita berpuas diri tetapi menjadi pendorong untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Gubsu lagi.

Sebagai upaya untuk lebih mengoptimalkan pemberian jasa SAR, Basarnas telah berupaya memenuhi berbagai sarana dan prasarana seperti beberapa kapal laut serta berbagai peralatan pendukung lainnya yang memang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang tersedia.

Di hari yang berbahagia ini diharapkan menjadi momentum membawa semangat dan motivasi seluruh jajaran Basarnas untuk dapat bekerja lebih baik lagi dimata dunia internasional khususnya terkait respon time.[rs/gbs/mdn]

Post a Comment

Top