0
MEDAN | GLOBAL SUMUT- Harga daging sapi di Medan dan daerah lain di Sumatera Utara masih bertahan mahal atau di kisaran Rp110.000 per kilogram sebagai dampak mahalnya harga impor sapi hidup dan proses produksi lainnya.

"Hasil pantauan dan dialog dengan importir, harga daging sapi segar memang tidak bisa ditekan lebih murah dari harga dewasa ini karena sapi impornya dan proses produksinya tetap mahal juga,"kata Kepala Kantor Perwakilan Daerah Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Medan, Abdul Hakim di Medan, Selasa.

Mahalnya harga daging ditambah biaya lain-lain termasuk biaya pakan saat proses penggemukan sebelum dipotong.
Menurut dia, dengan kondisi seperti itu dan harga impor yang mahal, maka mahalnya harga daging dipastikan bukanlah akibat kartel  harga.

"Kondisi itu harus mendapat perhatian pemerintah," kata Abdul Hakim.
Apalagi daging beku yang memang bisa diperoleh dengan harga Rp80.000 per kg itu tidak diminati masyarakat.

Pantauan harga daging di pasar sei sikambing dan pasar tradisional simpang limun terpantau mahal dengan kisaran harga Rp 100 hingga Rp 110.000 perb Kg nya. hal ini dirasa memberatkan bagi pedagang sebab mengurangi minat beli masyarakat.

" Agak mahal kak berapa lama ini, biasa Rp 90 ribu. paling mahal Rp100 ribu. ada juga kurasa penurunan pembeli itu, maunya pemko m,edan tengoklah keadaan kami yang cari makan ini," Ucap Jumadi Simarmata 

sementara itu, harga berbeda terjadi dipasar petisah medan harga daging sapi terpantau Rp 120 ribu per kg nya

" Disini  harga daging Rp120 ribu kak. paling kurang sikit bisa lah," kata sitomorang (Riana Rambe)

Post a Comment

Top