0

BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Bertempat di Dermaga Batu Lingkungan XII Kampung Nelayan Seberang Belawan, Selasa (28/2/2017) digelar lomba dayung perahu nelayan yang di ikuti oleh 40 tim perahu nelayan dimana setiap tim berjumlah 5 orang yang berasal dari Wilayah Kota Medan, Kabupaten Langkat dan Deli Serdang. Lomba dayung perahu nelayan ini di gelar untuk memeriakan HUT ke-71 Pomal di Lantamal I.

Ketua penyelenggara lomba Mayor Laut (PM) E. Tanjung menyampaikan bahwa maksud digelarnya lomba perahu nelayan ini adalah selain untuk menggalakkan olahraga perairan dikawasan pesisir, juga dimaksudkan untuk mengintensifkan kegiatan Pariwisata dan Budaya Maritim dalam kehidupan masyarakat diwilayah Pantai Timur Sumatera Utara. Adapun ke 40 tim perahu nelayan yang mengikuti lomba berasal dari desa Kuala Besar Kecamatan Secanggang Langkat sebanyak 3 tim. Selanjut nya dari desa Palu Kurau Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang 2 tim dan yang selebihnya 35 tim berasal dari medan dari 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Medan Belawan, Medan Labuhan dan Medan Marelan. Selain diikutin 40 tim kaum dewasa pria, lomba perahu nelayan ini juga dimeriahkan oleh 10 tim dayung kategori anak-anak dan 8 tim dari kaum ibu-ibu yang diselipkan sebagai kelompok eksibisi yang sungguh menarik perhatian ribuan penonton yang memadati pelantar perkampungan pesisir dan Dermaga Batu tempat dilaksanakan lomba.
Kegiatan lomba dayung perahu nelayan ini, selain di hadiri oleh Danpomal Lantamal 1 Letkol Laut (PM) Zulkifli Pane, juga di hadiri oleh kepala daerah dari 3 wilayah, yaitu : Bupati Langkat, Wali Kota Medan dan Bupati Deli Serdang. Dalam undangan, turut juga hadir Kapolres Pelabuhan Belawan, Dirpol Airud Poldasu, para pimpinan Instansi Maritim,  Pejabat TNI/POLRI, Aparat Pemerintah serta Ketua Organisasi pembina profesi seperti Ketua PODSI Sumut dan Ketua HNSI Medan.

Dalam kegiatan yang mendapat apresiasi dari para Kepala Daerah dan Pembina Profesi yang hadir saat itu, Danlantamal I Laksma TNI Roberth WT  SH,  menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyelenggaraan lomba dayung perahu nelayan ini adalah salah satu bentuk pembinaan masyarakat desa  pesisir untuk memperkokoh serta mempererat kebersamaan Prajurit TNI AL khususnya Pomal dengan rakyat. " Seluruh kegiatan peringatan HUT ke-71 Pomal, baik kegiatan berupa bakti sosial maupun bentuk lomba, seluruhnya kami siapkan untuk dapat diikuti oleh masyarakat, agar hubungan masyarakat dengan Prajurit TNI AL khususnya Pomal terjalin kebersamaan dan keakraban sehingga terbinanya kebersamaan Pomal dengan rakyat membuat Pomal menjadi kuat karena dengan bersama rakyatlah TNI menjadi kuat", demikian kata Danpom Lantamal I.
Dalam rangkaian peringatan HUT ke-71 Pomal, Pom Lantamal I menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan yang dapat menyasar dalam kehidupan masyarakat, diantaranya : sunatan massal yang diikuti 130 anak, turnamen catur se-Sumut yang diikuti oleh 106 peserta, turnamen sepak bola usia 14 tahun yang diikuti 24 club, lomba becak dayung yang diikuti 84 peserta, serta kali ini lomba dayung perahu nelayan yang diikuti 40 tim.
Ketua Penyelenggara Mayor Laut (PM) Emily Tanjung mengumumkan juara juara dalam lomba,Tampil sebagai juara I adalah tim Karang Taruna 2 dari lingk XII Kp Nelayan Seberang Medan Belawan, juara II ditempati tim Putra Marelan 4 dari desa Paya Pasir Kecamatan Marelan Medan. Sedangkan juara III adalah tim Belawan Jaya 2 dari Medan Belawan. Juara harapan I, II, III masing-masing ditempati tim Pekan, Belawan Jaya I, Putra Marelan 3. Para pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan berjumlah 10 juta rupiah. Sedangkan untuk kategori anak-anak dan kaum ibu-ibu diserahkan berbagai jenis hadiah hiburan untuk juara I, II, III.[man/abu]




Post a Comment

Top