0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali mengajak seluruh warga Kota Medan untuk mengikuti senam jantung sehat di Lapang Merdeka Medan, Minggu (5/3), sekitar pukul 06.30 WIB. Melalui senam ini Wali Kota berharap agar warga Kota Medan dapat terhindar dari penyakit jantung. Sebab, penyakit jantung termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia saat ini.

Dikatakan Wali Kota, penyebab terbanyak serangan jantung atau infark miokardial diakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Untuk mengantisipasi terjadinya penyumbatan pembuluh darah ini, salah satunya melalui senam jantung. Sebab, semua gerakan yang dilakukan dalam senam ini bertujuan untuk memperlancar aliran darah di seluruh tubuh.

“Senam jantung ini sangat penting, sebab tujuannya membuat jantung kita sehat. Oleh karenanya semua gerakan senam jantung dibuat untuk mendukung performa jantung, sehingga memacu jantung untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya. Dengan demikian kebutuhan akan oksigen terpenuhi,”  kata Wali Kota kemarin.

Oleh karenanya mantan Wali kota dan Sekda Kota Medan ini, minta kepada warga untuk meluangkan waktunya sejenak pagi hari guna mengikuti senam jantung tersebut. Sebab, pagi hari udaranya masih segar dan sangat baik  bagi kesehatan jantung.

Di samping itu, jelas Eldin, senam jantung juga tidak membutuhkan biaya dan memerlukan peralatan pendukung. Cukup mengenakan pakaian olahraga, masyarakat sudah bisa mengikutinya. Apalagi          disediakan sejumlah instruktur, sehingga memudahkan masyarakat mengikutinya.
          
“Jadi marilah kita datang beramai-ramai dengan membawa anggota keluarga masing-masing untuk mengikuti senam jantung.Jika senam ini rutin dilakukan, insya Allah kita akan terhindar dari penyakit jantung,” ungkapnya.
          
Ditambahkan Eldin lagi, senam jantung ini sangat besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain menyehatkan jantung, senam ini ternyata dapat menghilangkan trigliserida dari aliran darah yang merupakan penyebab terjadinya kegemukan tubuh.

“Jadi ayo kita beramai-ramai mengikuti senam jantung sehat, sebab lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jika tubuh sehat, tentunya kita dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja. Di samping itu tentunya menghemat pengeluaran kita untuk kesehatan,” ajaknya. [rs/gbs/mdn]

Post a Comment

Top