MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wakil Walikota Medan selaku Wakil Dewan Pembina TP PKK Kota Medan, Ir. Akhyar Nasution M.Si membuka Latihan Pengelola Program dan Penyuluhan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (LP3-PKK) serta Pelatihan Tim Penggerak dan Ketua Kelompok PKK di Gedung Serba Guna PKK Jalan Rotan Medan, Rabu (12/4/2017).

Didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Nurul Khairani Akhyar Nasution, Wakil Walikota mengajak kader PKK untuk terus bersemangat dalam mensukseskan program PKK dan program prioritas pembangunan Kota Medan. Apalagi kader PKK menjadi bagian dari agen pembangunan kota. “Untuk itu saya berharap agar kader PKK harus cerdas dalam menyikapi persoalan, terutama yang menyangkut 10 Program Pokok PKK agar Medan Rumah Kita dapat maju disegala aspek. Salah satunya yang paling utama adalah institusi terkecil yakni keluarga menjadi domain kerja PKK,” kata Akhyar di depan ratusan peserta pelatihan, pimpinan SKPD dan camat se-Kota Medan tersebut.

Pembukaan ditandai dengan pengetukan palu. Setelah itu mantan anggota DPRD Medan itu bersilaturahmi dengan pengurus TP PKK Kota Medan. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan yang menghadirkan  sejumlah nara sumber dari TP PKK Kota Medan.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Ketua I TP PKK, Ny. Nurul Khairani Akhyar Nasution mengungkapkan, ilmu pengetahuan serta penyampaian informasi terkait gerakan PKK terus menerus mengalami perubahan. Itu sebabnya anggota TP PKK harus dapat menyikapinya secara dinamis, optimis dan kritis. “Kita berharap agar anggota PKK se-Kota Medan harus fokus dan giat dalam membenahi diri demi peningkatan pengetahuan secara bertahap dan berkesinambungan, terutama peningkatan pengetahuan terkait dengan hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015, diantaranya  Bidang Kelembagaan PKK, Administrasi PKK, Pokja I, Pokja II, Pokja III dan Pokja IV,” jelas Ny. Nurul.

Usai menyampaikan pidato tertulis Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Nurul selanjutnya menyematkan tanda peserta kepada 4 peserta secara simbolis. Dia berpesan agar seluruh peserta memanfaatkan momen pelatihan ini untuk menambah pengalaman dan wawasan.

Sedangkan Wakil ketua III TP PKK Kota Medan, Ny. Tuti Chairil selaku Ketua Panitia menjelaskan, tujuan dilaksanakannya pelatihan ini dalam rangka  peningkatan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan anggota TP PKK Kota Medan, termasuk pengurus dan anggota TP PKK Kecamatan dan kelurahan se-Kota Medan dalam pengelolaan gerakan PKK melalui 10 Program Pokok PKK. “Pelatihan ini juga kita peruntukkan bagi para ketua kelompok dasa wisma se-Kota Medan dibidang penanganan kegiatan PKK di kelompok dasa wisma. Semoga seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan bersungguh-sungguh, sehingga dapat mengimplementasikannya pada kelompok kerja (pokja) masing-maing,”  jelas Ny. Tuti.[rs]