0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melayani Kapal Karadeniz Powership Onur Sultan yaitu kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang disewa oleh PT PLN (Persero) dari Pemerintah Turki. Kapal MVPP salah satu terbesar di dunia ini memiliki panjang/Length Over All (LOA) sebesar 295,82 meter, lebar 46 meter dan GRT (Gross Register Tonnage) sebesar 90.084 ton.

Kapal MVPP  berbendera Liberia ini sudah berlabuh di perairan Belawan sejak Jumat malam, 19 Mei 2017 dan disandarkan di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan pada tanggal 21 Mei 2017.

"Pelindo 1 telah menyiapkan pelayanan pemanduan dan penundaan untuk melayani proses sandar kapal ini di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan. Untuk pelayanan kapal MVPP ini, Pelindo 1 telah menyiapkan 7 kapal tunda, 3  orang pandu/pilot, dan penyiapan alur" jelas General Manajer Pelabuhan Belawan , Yarham Harid.
 
Selain itu, juga memastikan kesiapan proses pelayanan kapal ini melalui koordinasi dan supervisi dengan berbagai pihak seperti  Syahbandar dan  OP.  "Pengecekan sarana prasarana dan kesiapan pekerja di lapangan menjadi faktor penting agar pelayanan kapal ini dapat berjalan lancar dan efisien," tambah Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1.

Keberadaan MVPP ini diharapkan dapat menutupi serta mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek dan memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera bagian Utara dengan kapasitas daya 240 MW , dimana kapasitas ini dapat ditingkatkan hingga 480 MW. Sehingga tidak ada lagi masalah pemadamam listrik di wilayah Sumatera bagian Utara. Kapal ini diberangkatkan dari Istanbul, Turki  pada bulan April lalu, yang serah terimanya dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, T. Erry Nuradi.[abu]

Post a Comment

Top