MEDAN LABUHAN | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengawali kegiatan Safari Ramadhan 1438 Hijriah di Kota Medan tepatnya di Masjid Assaadah Lingkungan I Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (31/5/2017).

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Medan serta alim ulama yang telah mendukung pembangunan serta ikut menjaga situasi kondusif di Kota Medan.

“Saya berterimakasih pada tokoh masyarakat khususnya alim ulama yang selama ini ikut menjaga sistuasi kondusif di Kota Medan serta mendukung roda pemerintahan Pemprov Sumut khususnya Kota Medan agar berjalan baik,” ujar Erry Nuradi.

Hadir Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Ketua MUI Sumut Prof HM Hatta, Dandim 0201/BS Kolonel Bambang Herqutanto, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho, unsur FKPD Kota Medan, Kepala SKPD Pemprov Sumut dan Pemko Medan, camat serta lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Gubernur Erry mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan adalah upaya kita meningkatkan jalinan silahturahmi antara pemerintah dengan seluruh masyarakat yang dikunjungi. Sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara ulama, umro dan umat. “Saya mengajak semua menjaga dan memelihara kerukunan hidup beragama, baik dengan sesama maupun dengan umat lain,” kata Erry.

Kegiatan Safari Ramadhan ini menjadi ciri khas di Indonesia, tidak ditemui di negara lain. “Ciri khas seperti ini safari ramadhan dan halal bi halal tidak dikenal di negara mayoritas muslim lainnya. Ini menjadi kearifan dan keunikan masyarakat kita,” kata Erry.

Menurut Erry, kegiatan silahturahmi tersebut sangat bermanfaat untuk menyampaikan informasi, mempererat pertemanan, mendekatkan yang jauh dan menambah rezeki. Dengan keberagaman, multi etnis, bisa menyatukan langkah dan hati untuk lebih mendekatkan diri dengan menambah amal dan ibadah kepada Allah SWT.

Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin dalam sambutannya mengatakan, Safari Ramadhan juga menjadi agenda tahunan Pemko Medan yang dilaksankan di 21 kecamatan. Eldin mengatakan Safari Ramadhan perlu untuk menjaga dan menguatkan silahturahmi.

“Ini semua dilakukan karena kebersamaan. Kami juga berbesar hati dilaksanakan bersamaan dengan Safari Ramadhan Gubernur Sumut. Melalui kegiatan ini kami berharap silaturahmi semakin dikuatkan dan semoga Medan Rumah Kita bisa menjadi semakin paten,” ujar Eldin.

Dalam kesempatan itu, Gubsu menyerahkan santunan berupa uang dan bingkisan untuk 100 alim ulama dan 100 anak yatim dan BKM Masjid, kepada yatim piatu. Dalam kesempatan yang sama Wali Kota Medan juga memberikan bantuan paket ramadhan dan uang tunai Rp40 juta untuk Badan Kenaziran Mesjid Assadah.

Ketua MUI Kota Medan Prof HM Hatta dalam tausiahnya menjelaskan bagaimana ramahdan dapat menguatkan hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan sang pencipta. “Hubungan kita dengan Allah juga akan terpancar dari bagaimana kita berhubungan dengan manusia lainnya,” ujar Hatta..[abu]