0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Pihak Lantamal 1 Belawan berhasil mengagalkan perdagangan ratusan ekor trenggiling ke negeri jiran Malaysia dan menangkap tersangka A lewat jalur laut dimana Trenggiling merupakan hewan satwa langka yang wajib di lindungi negara.

Dalam pemaparannya, Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H didampingi Kadispen Lantamal I Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga, S.Sos.beserta perwira Lantamal lainnya Selasa (13/06/2017) menyebutkan, ada sebanyak 223 trenggiling dimana sebanyak 199 ekor trenggiling dinyatakan masih hidup.

Dan Lantamal mengungkapkan, terkuaknya aksi perdagangan hewan langka ini berdasarkan hasil informasi intelijen yang diterima pihaknya selanjutnya dilakukan pengrebekan di salah satu gudang pengumpul trenggiling di kawasan Titipapan Kecamatan Medan Deli.

Pihak Lantamal memperoleh informasi kalau ratusan satwa langka itu sudah siap untuk diselundupkan ke Negara Malaysian dengan jalur laut.
"Informasinya,Trenggiling seberat hampir 1 ton ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan baku obat kuat dan sabu-sabu selanjutnya bahan jadi sabu-sabu akan kembali diperdagangkan di Indonesia sementara trenggiling ini diperoleh dari sejumlah kawasan di daerah Sumut,"terang Dan Lantamal di halaman dermaga Mako Lantamal 1 Belawan.[abu]

Post a Comment

Top