TANJUNG BALAI | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi melangkahkan kaki ke kota kerang Tanjung Balai untuk bersilaturahmi sekaligus berbuka puasa serta shalat taraweh bersama masyarakat

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry mengatakan, Kota Tanjung Balai menjadi andalan Sumatera Utara dalam menjaring wisatawan mancanegara (wisman). Kota Tanjung Balai yang hanya berjarak 3 jam berkendaraan ferry dari Malaysia diharapkan ikut mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing di Sumut.

Hal tersebut disampaikan Gubernur saat mengunjungi Kota Tanjung Balai dalam acara Safari Ramadhan di Kediaman Dinas Wali Kota Tanjung Balai, Jumat (09/06/2017) malam.

Hadir Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry Nuradi, Walikota Tanjung Balai M Syahrial bersama istri, unsur FKPD Kota Tanjung Balai, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para ulama.

“Target pemerintah kunjungan wisman harus meningkat, Sumut ditargetkan satu juta kunjungan wisman. Tidak ada kata lain Tanjung Balai menjadi andalan bagi Sumut untuk menjadi pintu masuk wisatawan asing,” kata Gubsu Erry.

Apalagi, dikatakan Erry, pembangunan pelabuhan penumpang Teluk Nibung di Tanjungbalai sudah dibangun dan akan selesai dalam waktu dekat. “Tanjung Balai diproyeksikan menjadi pintu gerbang wisatawan asing sehingga harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Erry.

Dia menjelaskan, bahwa di Sumut hanya ada tiga pintu masuk bagi wisatawan asing yaitu Bandara Udara Kualanamu, Pelabuhan laut Belawan dan Tanjung Balai. Rencananya, pintu masuk wisman ditambah satu lagi yaitu Bandara Udara Silangit.

Gubsu berharap, keterlibatan investor dalam membangun berbagai fasilitas untuk mendukung pembangunan pariwisata di Tanjung Balai seperti restoran, hotel dan lainnya. “Sehingga pada hari Sabtu Minggu Tanjung Balai bisa dibanjiri turis asing,” harap Erry.

Wali Kota Tanjung Balai, M Syahrial, mengatakan, pihaknya tengah mengembangan destinasi wisata baru yaitu Pulau Besusen di Kecamatan Datuk Bandar Timur. “Dengah mejarak tempuh 3 jam dari Tanjung Balai menuju pelabuhan Portklang Malaysia, sangat memungkinkan masyarakat Tanjung Balai melakukan interaksi sosial. Kami menciptakan destinasi wisata Pulau Besusen sebagai mana harapan Gubsu,” jelas Syahrial.

Pada awal tahun 2017, pihaknya meresmikan destinasi wisata air di Pulau Besusen dengan luas 22 ha berlokasi Kecamatan Datuk Bandar Timur. “Kami harap wisatawan lokal dan mancanegara bisa berkunjung ke pulau tersebut,” katanya.

Turut hadir mendampingi Gubsu Kepala Dinas Pajak dan Retribusi Daerah Sarmadan, Kepala Perpustakaan Daerah Ferlin Nainggolan, Kepala Dinas Pariwisata Provsu Elisa Marbun, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Alwin Sitorus, Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa Aspan Sofian,Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan Satu Pintu Bondaharo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM M Zein, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus, Kepala Biro Binsos M Yusuf dan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Faisal Hasrimy.

Dalam kesempatan itu, Gubsu menyerahkan santunan kepada alim ulama, Badan Kenaziran Masjid dan anak yatim piatu.[rs]