MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wakapolri Komjen Pol. Drs. Syafruddin, M.Si didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel M.Si melaksanakan buka puasa bersama ulama dan tokoh masyarakat Sumut dalam rangka Safari Ramadhan 1438 H di Provinsi Sumut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 08 Juni 2017 pukul 17.30 Wib bertempat di aula Tri Brata Polda Sumut.

Tampak pejabat Polri yang turut hadir Karo Binmas Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. Arkian Lubis, Kadiv TIK Irjen Pol. Drs. Prasta Wahyu H, S.H., MM., M.HUM., Karo Walprov Divpropam Brigjen Pol. Drs. Edy Napitupulu, PATI Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Janner Pasaribu, Dir Pamobvit Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs.  Ahmad Lumumba. Turut pula hadir dalam acara silaturahmi tersebut pengganti Irjen Rycko yang akan menjabat Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw. Irjen Paulus saat ini masih menjabat sebagai Wakaba Intelkam Polri.

Kapolda Sumut didampingi oleh Wakapolda Sumut, Pejabat utama Polda Sumut, Ketua Bhayangkari Daerah Sumut serta pengurus, Kepala BNNP Sumut, Para Kapolres sejajaran Polda Sumut, Perwakilan Personil Polda Sumut. Para tokoh ulama Sumut dan Tokoh Masyarakat Sumut tampak hadir dalam kegiatan silahturahmi tersebut.

Kapolda Sumut dalam sambutannya menyampaikan kehadiran Wakapolri diharapkan dapat memberi semangat dan memperkuat soliditas jajaran Polda Sumut.

“Menyampaikan kepada Jenderal situasi terakhir kamtibmas, Polda Sumut sudah selesai melaksanakan operasi patuh, saat ini sedang berlangsung operasi Pekat dalam rangka cipta kondisi. Polda Sumut juga menggalakkan Satgas pangan dan sudah berhasil menindak di 4 lokasi penimbunan pangan,” jelas Kapolda Sumut.

Selanjutnya dalam rangka cipta kondisi tersebut, lanjut Kapolda, Polda Sumut juga melakukan pemetaan jaringan terorisme.

“Tim densus juga sudah melakukan penindakan. Untuk pengamanan kamtibmas, Polda Sumut sudah mempersiapkan operasi Ramadaniya Toba dalam rangka menyambut lebaran tahun ini,” jelasnya.

Usai sambutan Kapolda Sumut, kegiatan dilanjut pembacaan ayat suci Alquran oleh Brigadir A. Harahap dan Saritilawah oleh  Aiptu Mauliana.

Sementara Wakapolri dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal diantaranya terkait mutasi Kapolda Sumut saat ini yang mendadak karena ada kejadian yang mencoreng citra Polri. Diakibatkan adanya insiden di Akpol disaat citra positif Polri sudah menduduki posisi ke 4 dimata publik.

“Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel M.Si., dipilih menjadi Gubernur Akpol untuk memperbaiki Akpol menjadi lebih baik, sebaliknya Calon Kapolda Sumut  Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw juga memiliki integritas,” jelasnya.

Selanjutnya Wakapolri juga menyampaikan kondisi dunia global saat ini yang  mempengaruhi stabilitas keamanan Indonesia.

“Ada 2 kutub yang mempengaruhi stabilitas keamanan diindonesia yaitu kutub di Jazirah Arab dan kutub Mindanao Selatan Filipina yang menjadi basis  baru dari ISIS. Indonesia berada ditengah tengah. Oleh sebab itu kita harus waspada terus, selanjutnya akan ada lagi peningkatan  konstelasi politik di tahun 2018 dalam Pilkada Serentak. Harus dapat diantisipasi,” tegasnya.

Wakapolri juga meminta kepada jajaran Polda Sumut untuk menjaga soliditas internal dan saling memback up satu sama lain antara Polri dan TNI, termasuk dengan seluruh stake holder dan dukungan terhadap para ulama.

“Harapan kita kedepan Indonesia kedepan menjadi negara yang lebih baik, menjadi negara yang lebih stabil,” ujarnya.

Sesaat sebelum waktunya berbuka, Al Ustad Drs. H. Amhar Nasution menyampaikan beberapa tausiah dalam Kultum Sebelum Berbuka Puasa.

Selesai buka puasa bersama dilanjutkan Sholat Magrib Berjamaah Di Masjid Al-Hidayah Polda Sumut  yang dipimpin oleh Al Ustad Santo Yahya Panjaitan.

Pukul 19.51 Wib, Wakapolri dan rombongan yang hadir berangkat melaksanakan Sholat Isya dan Tarawih di Masjid Al Muslimin Jl. STM Ujung/Jln. Suka Luhur, Kel. Sukamaju Kec. Medan Johor. [rs]