MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyelenggarakan Sharing Session yang menghadirkan Rhenald Kasali sebagai pembicara dengan mengusung tema “Disruption Era: How to deal with it and the impact to Maritime Business.” Sharing session yang dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Agustus 2017 di Kantor Pusat Pelindo 1 dihadiri juga oleh jajaran Komisaris, Direktur Utama, serta para Direksi Pelindo 1.

“Tanpa disadari telah terjadi perubahan yang besar dalam kehidupan saat ini, perkembangan teknologi internet memegang peranan penting dalam perubahan. Kini internet tak hanya digunakan sebagai media sosial, namun juga dimanfaatkan dalam dunia komersial,” jelas Rhenald Kasali mengawali paparannya. Rhenald Kasali dalam sharing session ini juga menyampaikan bahwa kecepatan dan kemudahan teknologi saat ini menyebabkan disruption yang bisa mengubah perusahaan secara perlahan-lahan. “Disruption adalah suatu inovasi perubahan di mana segala sesuatu yang dibuat oleh orang masa lalu menjadi obsolete atau ketinggalan zaman,” terang Rhenald Kasali.

Rhenald Kasali menambahkan jika perusahaan yang tidak ingin menciptakan hal baru dan malas berinovasi akan membawa perusahaan itu menuju pada lazy company, bahkan bisa menjadi zombie company. Banyak contoh perusahaan yang tidak melakukan inovasi akhirnya tergerus oleh peradaban sehingga membuat perusahaan tersebut terpaksa menjadi zombie company. “Jangan memusuhi perubahan, perubahan memang belum tentu membawa kita menjadi yang lebih baik. Tetapi ini merupakan tantangan bagi perusahaan untuk menciptakan peluang bisnis modern,” terang Rhenald Kasali dalam sharing session yang diikuti oleh para pegawai Pelindo 1.

Para pegawai Pelindo 1 yang hadir nampak antusias dalam mengikuti acara sharing session. “Dalam perubahan, apa yang kita lakukan saat ini memang belum tentu benar, terlebih lagi dengan era yang ketidakpastian seperti saat ini. Tetapi kalau tidak berani melakukan perubahan akan ditelan zaman. Sehingga setiap pegawai perlu waspada untuk menghadapi ancaman yang mungkin muncul,” terang Imron Eryandi, Senior Menejer Perencanaan Organisasi dan SDM yang hadir dalam sharing session tersebut.

Pelaksana Harian ACS Humas Pelindo 1, Ade Maydwianda mengatakan kegiatan sharing session ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi para pegawai Pelindo 1 dalam menghadapi perkembangan zaman di era modern. “Dengan dilaksanakan sharing session ini diharapkan para pegawai Pelindo 1 berkesempatan untuk belajar dari Rhenald Kasali yang memiliki pengetahuan, pengalaman, maupun keahlian dalam menjalankan bisnis di era disruption,” jelas Ade.[abu]