0
JAKARTA  | GLOBAL SUMUT-Semarak peringatan Hari Kemerdekaan RI yang jatuh tanggal 17 Agustus mendatang sudah mulai terasa di tangan anak-anak Pramuka. Hari ini (30/7), Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar Aksi Satu Indonesia untuk menyemarakkan dirgahayu RI ke-72.

Aksi bertajuk “Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa: Indonesia” itu digelar di area hari bebas kendaraan, samping bunderan HI, Jakarta. Ribuan masyarakat memberikan dukungan terhadap aksi tersebut dengan membubuhkan tanda tangan di spanduk berukuran 8 x 8 meter.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengungkapkan, aksi Satu Indonesia merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun RI yang diselenggarakan Kwarnas. Pihaknya masih akan menggelar kegiatan-kegiatan lain menjelang tanggal 17 Agustus.

“Puncaknya adalah upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Cibubur tanggal 17 Agustus nanti. Belasan ribu Pramuka dari seluruh Indonesia akan hadir dalam upacara itu dengan mengenakan pakaian adat masing-masing,” jelasnya.

Selain pembubuhan tanda tangan, berbagai kegiatan seru mewarnai aksi ini, seperti periksa kesehatan gratis, flashmob, menyanyikan Hymne Pramuka, lagu Indonesia Jaya, dan dilanjutkan longmarch dari titik awal hingga perempatan jalan Sarinah.

Adhyaksa menjelaskan, selain untuk menyambut Hari Ulang Tahun RI, Aksi Satu Indonesia digelar untuk menguatkan kembali kesadaran satu nusa, satu bangsa, dan satu Indonesia pada masyarakat, khususnya generasi muda.

“Kita ini bangsa yang besar. Kesadaraan bahwa kita semua berbangsa satu dan berbahasa satu di tengah segala keanekaragaman yang ada, perlu terus dijaga melalui aksi-aksi seperti ini,” tegasnya.

Adhyaksa juga memberikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat yang berpartisipasi dan mendukung aksi ini. Baginya, dukungan masyarakat menunjukkan bahwa cinta NKRI senantiasa bersemayam di dada setiap warga negara. 

"Terima kasih kami sampaikan atas dukungan masyarakat. Ini menujukkan cinta yang luar biasa bagi nusa dan bangsa dari masyarakat dan juga Pramuka,” pungkasnya.[rs]

Posting Komentar

Top