T.BALAI | GLOBAL SUMUT-Ratusan masyarakat yang bergabung dalam Forum Rohis Nusantara (FORNUSA) dan Aliansi Umat Islam serta Pelajar Islam Kota Tanjungbalai menggelar Aksi Damai Bela Muslim Rohingya dan Penggalangan Dana.Rabu (6/9) pukul 16.00 Wib,

Kegiatan aksi Damai Bela Muslim Rohingya mendapat pengamanan dari Polres Tanjungbalai dibantu TNI dan Brimob Tanjung Balai. Kegiatan dimulai dari Mesjid Raya Sultan Ahmadsyah Tanjungbalai menuju ke  jalan Jend. Sudirman (Bundaran PLN Kota Tanjungbalai).

Aksi yang di pimpin Masbudi Panjaitan, S.Pd.I dan Ali Imran Nasution, S.Pd tersebut menyuarakan tuntutan/pernyataan sikap Mengutuk tindakan pembantaian, pengusiran, penindasan terhadap kaum Muslim Rohingya oleh Tentara Myanmar, Mendesak Pemerintah Indonesia untuk berperan aktif dalam tragedi kemanusiaan di Myanmar, Mendesak PBB untuk jatuhkan sanksi atas kejahatan rezim militer Myanmar dan Mengajak seluruh Ummat Islam untuk berikan bantuan kepada kaum Muslimin Rohingya.

Aksi Damai Bela Muslim Rohingya dan Penggalangan Dana berjalan dengan aman dan kondusif. Dalam aksi protes itu, demonstran meneriakkan "Allahu Akbar!" dan menyampaikan pesan protes kepada Pemerintah Myanmar. Menurut seorang pendemo, aksi protes dilakukan atas perlakuan tak setara terhadap warga Rohingya di Myanmar.

"Muslim adalah umat yang bersatu. Kita harus menunjukkan pada dunia bahwa muslim juga cinta damai," ucap pendemo yang tak disebutkan namanya itu.[rs]