0
KUALA TANJUNG | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 saat ini tetap fokus dalam menjalankan program Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung untuk mewujudkan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Internasional sebagaimana yang diharapkan pemerintah. Saat ini progres pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung sudah mencapai 92% untuk sisi laut dan 71% untuk sisi darat, kamis (09/11).

General Manager PT Pelindo 1 Cabang Kuala Tanjung, Agus Deritanto menyebutkan Pelabuhan Kuala Tanjung akan dikembangkan dalam 4 tahap, yaitu tahap I Pengembangan Terminal Multipurpose Kuala Tanjung yang disiapkan dengan kapasitas 500 ribu TEUs, tahap II Pengembangan Kawasan Industri 3000 Ha (2016-2018), tahap III Pengembangan Dedicated/Hub Port (2017-2019)  dan Tahap IV pengembangan kawasan industri terintegrasi (2021-2023).

Pelabuhan Kuala Tanjung yang diproyeksikan akan menjadi pelabuhan terbesar dan menjadi hub internasional di kawasan barat Indonesia ini dikembangkan secara bertahap dan nantinya akan memiliki kapasitas hingga mencapai 20 juta TEUs.

Pengelola Terminal Multipurpose Pelabuhan Kuala Tanjung dilaksanakan oleh PT Prima Multi Terminal yang merupakan anak usaha gabungan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang meliputi: Pelindo 1, PT PP Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk. Saat ini tercatat Pelindo 1 menguasai saham mayoritas di PT Prima Multi Terminal sebesar 55%, PT PP memegang 25%, sedangkan PT Waskita Karya memiliki sisanya yaitu 20%.

Agus menambahkan untuk mencapai target pembangunan pelabuhan ini, pihaknya mempercepat proses pembangunan yang dikerjakan siang dan malam. 
“Kita kebut pembangunannya siang dan malam. Mudah-mudahan, proses pembangunannya selesai sesuai target kita, Desember tahun ini dan diharapkan pada bulan April tahun depan sudah bisa dioperasikan,” terangnya.

Tidak ada kendala berarti dalam proses pembangunan pelabuhan tersebut, kecuali faktor alam. lanjut Agus selain itu Faktor lainnya adalah masalah pembebasan lahan, akses keluar masuk kenderaan menuju pelabuhan tersebut.
“Sekitar satu hektar lagi akses lahan yang saat ini sedang dalam proses pembebasan. Tapi itu tidak menjadi kendala dibandingkan dengan faktor alam seperti cuaca buruk. Namun, kita bisa mengantisipasinya dengan mengebut pembangunanya siang dan malam,” ungkapnya.

ACS Humas Pelindo 1 menambahkan bahwa untuk mewujudkan terminal multipurpose di Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelindo 1 juga sedang menyiapkan kawasan industri yang terpadu atau Industrial Gateway Port Kuala Tanjung seluas 3.000 hektar. “Pelabuhan Kuala Tanjung ini direncanakan juga dengan pengembangan kawasan industri yang dapat semakin menurunkan biaya logistik serta berpeluang untuk menciptakan skala ekonomi. Diharapkan dengan adanya Pelabuhan Kuala Tanjung mampu meningkatkan kinerja logistik dan daya saing Indonesia sehingga bisa berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi,” jelas Fiona.[abu]

Posting Komentar

Top