0
DEPOK | GLOBAL SUMUT-Komunikonten, Institut Media SosialdanDiplomasimerumuskandanmenyusun 10 tugasDiplomat di internet danmedia sosial. HariqoWibawaSatria, DirekturEksekutifKomunikontenmengatakanbahwa di era digital semua orang adalah diplomat, sebabapa yang kitalakukan di internet dapatmemengaruhidunia. Sekarangketikamendengar kata diplomat yang terbayang di kepala kami bukansematapemerintahtapijugamasyarakat, utamanyapemuda.

“Diplomat bukansajamereka yang bekerja di Kemenlu, organisasipemerintah, organisasiinternasional, tidakjugaharuslulusanjurusanHubunganInternasional, tidakmestimenggunakanjasdandasi, namun di era digital setiapkitaadalahadalah Diplomat. Sekarangkegiatandiplomasidapatdilakukandimanapunolehsiapapun, artinyaaktordalamhubunganinternasionalbertambah” ujarHariqoWibawa di Depok, Selasa, 14Maret 2018.

Hariqomenambahkan, kedatanganwisatawanasingke Indonesia tidaksemuanyakarenanyaperanPemerintah, pastiadajugadisebabkanolehkonten-konten yang diproduksidandisebarkanwarganetlewatmedia sosial, nah haruskitatingkatkan.MenurutHariqo, 10tugas Diplomat di internet dan media sosialmenjaditambahanpedomanparapemudadalambermediasosial.

“Ada tigaisuutama di internet; keamanan, kreatifitas, koloborasi, 10 tugasinibertujuanmeningkatkangotongroyongmasyarakat di internet, Kami akansosialisasikan 10 tugasinidiberbagai forum dandi media sosial, marikitabergotongroyongmenyosialisasikan”, tambahHariqo     Berikut 10 Tugas Diplomat di Internet dan Media Sosial:    
1.       Memahami: a) kepentingannasionaldanprioritaspolitikluarnegeri NKRI, b) syaratdanketentuanpenggunaansetiapmedia sosial yang akandigunakan, c) segalaperaturan, undang-undang, ketentuanhukumterkait internet, d)norma-normadalammasyarakatdanperkembangannya, e) pengetahuandaninformasilainyang bertujuanmencegahberbagaikesalahandalampenggunaaninternet danmedia sosial.
2.       Membuatkonten-kontenyang benardanbermanfaatsesuaiminatdankemampuan, kontendapatberupa: tulisan, foto, video, infografis, poster, dll, serta pro aktifmenyebarkankonten-konten yang mendukungkepentingannasionaldanperdamaiandunia.
3.       Mempromosikanatauaktifmenyebarkanproduklokal, kuliner, pariwisata, budaya, film, musik, karyaseni,usahakecilmenengah,prestasi-prestasi Indonesia danwarganyasertaberbagaikonten-konten yang mendukungkepentingannasional Indonesia.
4.       Merawatnikmatkeberagaman, menjagapersatuan, mengamalkanPancasila, menjagakeutuhan, kedaulatan NKRI dariberbagaifitnah, hoax, separatisme, radikalisme, terorismedanserangan-serangansiber. 
5.       Tidakmembuat, membagikan, menyukai, berlangganankonten-konten hoax, fitnah, ujarankebencian yang merusakkepentingannasional NKRI danperdamaiandunia.

6.       Menjagaintegritaspribadi,keluarga, organisasidanbangsa Indonesia, mengelola media sosialdenganefektif, menghadapikrisiskomunikasidenganbijak, menjagakeamananakundanprivasi,sertamemilikiempati digital. 
7.       Menyampaikanberbagaiinformasimengenaipeluangwirausaha, lapangankerja, beasiswa,keamanan, inovasi,kolaborasi,gerakankerelawanan,perkembanganterbaru, dan lain-lain.

8.       Menghidupkan, mempromosikan media sosial, mesinpencari, startupdanberbagaiaplikasikaryawarganegara Indonesia.
9.       Banggasebagaibangsa Indonesia, sadarkewajibandanhaknyasebagaiwargaduniadenganmelaksanakanketertibandunia yang berdasarkankemerdekaan, perdamaianabadidankeadilansosial.

10.   Terusmempelajariuntukmemahamistrategidancara-caranegara lain memaksimalkanpenggunaan internet dan media sosialuntukkepentingannasionalmereka.[rs]

Posting Komentar

Top