0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pemko Surakarta menilai kerukunan antar umat beragama di Medan yang terjalin dengan harmonis. Penilaian inilah yang mendorong mereka berkunjung ke Medan untuk mempelajari langkah dan upaya yang dilakukan Pemko Medan termasuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menjaga keharmonisan hubungan antar umat beragama di kota ini. Rombongan dari Pemko Surakarta tiba di kantor Wali Kota Medan, Rabu (18/7). Bertindak sebagai pimpinan rombongan adalah Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda kota Surakarta, Ketua Rombongan, Drs. Said Romadion, MM.

Kedatangan tamu dari Pemko Surakarta ini diterima oleh Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Sulaiman Harahap, SH. MSP. Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang rapat I kantor Wali Kota Medan itu, Sulaiman didampingi Kaban Kesbangpol Medan, Ceko Wahda, Kabag Sosial Pendidikan Setda Kota Medan Ahmad Raja Nasution, dan Ketua FKUB Medan, H. Ilyas Halim, M.Pd. Sebelum menjawab pertanyaan tim dari Pemko Surabaya soal upaya kerukunan antarumat beragama di Medan, Sulaiman juga memberikan gambaran umum tentang Kota Medan yang multikultural ini. Selanjutnya ia pun mengatakan, Pemko Medan selalu mendukung setiap kegiatan keagamaan yang dilakukan masyarakat dan menjalin komunikasi yang baik dengan para para tokoh agama dan masyarakat.

Selain itu, Pemko Medan juga memberi dukungan pada kegiatan FKUB yang bertujuan menjaga kerukunan umat beragama di kota ini. Soal upaya yang dilakukan FKUB Medan, Sulaiman memberi kesempatan kepada Ketua FKUB Medan, H. Ilyas Halim, M.Pd untuk memaparkan program yang telah dilakukan. Ilyas mengutarakan, dalam FKUB ini tergabung tokoh-tokoh lintas agama yang mempunyai hubungan dan kedekatan dengan umat beragama. "Setiap pekan kita berkumpul u tuk membahas isu-isu yang berkembang. Dan sejauh ini, Medan tidak ada masalah soal kerukunan antarumat beragama, yang ada masalah sosial yang dibawa-bawa ke agama," ucapnya. Dia juga menerangkan, FKUB juga banyak menggelar Dialog Kerukunan Umat Beragama dengan peserta dari berbagai kalangan, antara lain pelajar, pemuda, tokoh lintas agama, wartawan, kepala lingkungan, dan lainnya. Dia juga menyampaikan, Pemko Medan sangat berperan dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Pemko memberikan perhatian kepada setiap kegiatan keagamaan Dan Dialog tersebut berlangsung secara dalam suasana keakraban, Saling tukar informasi pun berlangsung dengan baik. Pertemuan diakhiri dengam saling tukar cindera mata antara Sulaiman dan Said Romadion.[ulfah]

Post a Comment

Top