0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus melakukan perbaikan  jalan speksi yang longsor di Jalan Luku Gg. Nabar, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kamis (12/7). Berkat kerja keras yang dilakukan tersebut,  perbaikan yang dilakukan sudah mencapai 50%. Walaupun belum rampung sepenuhnya namun jalan itu sudah dapat  dilewati sepeda motor maupun becak bermotor. Perbaikan jalan longsor ini dilakukan setelah Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mendapat laporan dari masyarakat. Wali Kota pun langsung memerintahkan Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan segera menindaklanjuti  laporan masyarakat tersebut. Apalagi jalan yang longsor itu merupakan akses vital bagi warga sekitar. “Saya minta perbaikan jalan longsor secepatnya dilakukan.  Sebab, jalan longsor itu merupakan  jalan utama  yang dilewati warga  untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari. Saya tidak mau aktifitas warga terganggu akibat jalan longsor tersebut,” kata Wali Kota.

Instruksi Wali Kota pun langsung ditindaklanjuti. Guna memperbaiki jalan longsor yang berdekatan  dengan Perguruan Al Azhar tersebut, Syahnan pun menurunkan pekerja ditambah sejumlah alat berat. Kerja keras yang dilakukan petugas Dinas PU mendapat apresiasi masyarakat sekitar. Sebagai ungkapan rasa terima kasih karena jalan longsor  cepat diperbaiki, warga sekitar dengan penuh keikhlasan memberikan bantuan berupa konsumsi. Bantuan yang diberikan itu semakin memotivasi para pekerja  untuk secepatnya melakukan finishing  sehingga jalan longsor dapat dipergunakan warga kembali. “Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih  kepada warga Lingkungan XVI, Kelurahan Kwala Bekala yang telah membantu memberikan konsumsi kepada sleuruh pekerja selama penanggulan longsor jalan speksi di Jalan Nabar. Dengan dukungan penuh warga seperti ini, para pekerja semakin termotivasi. Buktinya jalan speksi longsor walaupun belum rampung 100% tapi sudah bis adilalui kembali,” ungkap Syahnan.

Perbaikan jalan longsor kata Syahnan, terus dilakukan hingga finishing 100%. Agar jalan yang diperbaiki tidak longsor kembali, Syahnan telah menginstruksikan kepada para pekerjanya untuk menambah brojong yakni anyaman kawat baja membentuk sebuah kotak atau balok dimana bagian dalamnya diisi dengan batu-batu berukuran besar untuk mencegah terjadinya gerusan  akibat arus sungai. “Insha Allah dengan penambahan brojong yang dilakukan di tepi sungai, jalan speksi yang kita perbaiki semakin kuat dan terhindar dari erosi sehingga kecil kemungkinan longsor kembali,” jelasnya. Warga sekitar sangat gembira  karena perbaikan jalan longsor cepat dilakukan. Oleh karenanya mereka pun mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota. “Terima kasih Pak Wali, jalan longsor secepatnya diperbaiki. Terus terang jalan ini sangat vital bagi kami untuk mendukung kelan caran aktifitas sehari-hari,” ungkap Sembiring, salah seorang warga sekitar.[ulfah]

Post a Comment

Top