0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Obor Asian Games akan tiba di Sumatera Utara pada Rabu, (31/7). Obor tersebut akan melewati beberapa kabupaten kota di Sumatera Utara. Api Obor akan di berada di Sumut selama 2 hari pada 31 Juli-1 Agustus 2018.

Berdasarkan jadwal yang diberikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara Baharudin Siagian, Obor pertama kali akan diterima di Bandara Kualanamu Deli Serdang pada pukul 17.00 sore.

Di Kualanamu, tinder box (lentera) akan diserahkan Ketua rombongan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) kepada Danlanud Suwondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey.

Selanjutnya Obor diserahkan Danlanud kepada Bupati Deli Serdang. Setelah itu lentera diserahkan kepada Forkopimda Provsu untuk selanjutnya diserahkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang. Penyerahan tersebut selanjutnya ditandai dengan penyerahan syal dan tarian selamat datang.

Kemudian lentera melanjutkan perjalanan ke Serdang Bedagai. Di sana rombongan disambut oleh Bupati Kabupaten Serdang Bedagai. Penyerahan lentera dilakukan di Exit Toll Teluk Mengkudu. Lentera juga diserahkan kepada Sekda Serdang Bedagai di Kantor Bupati Serdang Bedagai.

Di Tebing Tinggi rombongan disambut walikota Tebing Tinggi. Selanjutnya Obor diserahkan kepada Sekda Tebing Tinggi di rumah dinas walikota Tebing Tinggi.

Dari Tebing Tinggi, rombongan bergerak menuju kota Pematang Siantar. Di kota tersebut, tinder box (lentera) disambut oleh walikota Pematang Siantar. Penyerahan lentera dari walikota ke Sekda Pematang Siantar dilakukan di Kantor Walikota Pematang Siantar.

Selepas dari Pematang Siantar, konvoi rombongan berangkat menuju Kota Parapat. Lentera direncanakan akan diserahterimakan kepada Sekda Simalungun. Penyerahan lentera diadakan di Rumah Pesanggrahan Soekarno di Parapat untuk selanjutnya diinapkan hingga esok hari.

Di Parapat, obor dinyalakan oleh Forkopimda Sumatera Utara dari mini caldron. Lalu obor diberikan secara estafet di dalam barisan yang melingkar. Acara tersebut dihadiri Forkopimda Kabupaten Simalungun. Selanjutnya obor diserahkan kepada pembawa obor untuk diarak melalui rute yang telah ditentukan sampai ke pantai bebas Parapat. Acara penyerahan juga diisi dengan seremoni dan tarian daerah.

Lepas dari Pantai Bebas Parapat, konvoi rombongan menuju Kantor Telkom Balige. Di sana, rombongan akan diterima Forkopimda Provinsi Sumatera Utara dan pejabat daerah Balige. Obor akan diarak dengan dibawa pembawa obor secara estafet sampai ke pantai Bulbul Balige.

Obor Asian Games tiba di pantia Bulbul dan diserahkan kepada Frokopimda Provsu untuk selanjutnya menylut api ke mini caldron. Kemudian rombongan pembawa obor menuju Gapura perbatasan kabupaten Tobasa dan Tapanuli Utara untuk melakukan penyerahan obor dari INASGOC kepada Sekda Tapanuli Utara. Lalu menyerahkan obor kepada pembawa obor yang akan diarak secara estafet ke Bndara Silangit.

Di Silangit, obor terakhir diterima oleh Bupati Tapanuli Utara untuk kemudian diserahkan kepada Forkopimda Provinsi Sumatera Utara. Di akhir, Forkopimda Provinsi Sumatera Utara menyerahkan tinder box kepada INASGOC Jakarta. Selain itu akan dilakukan juga tarian persembahan dan pemberian ulos dan cinderamata dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. Selanjutnya, Torch Relay Asian Games akan melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru, Riau.[ulfah]

Post a Comment

Top