0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si mengapresiasi Dialog Kerukunan Lintas Agama dengan Guru-guru yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Medan, Selasa (31/7) di Hotel Madani. Apresiasi ini disampaikan Wali Kota Medan diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Drs. Musaddad, M.Si, saat membuka Diskusi yang diikuti para guru agama lintas agama se-Kota Medan ini. Musaddad mengatakan, kegiatan ini penting mengingat Medan merupakan kota besar yang sangat majemuk. Dan, para guru agama dapat berperan melakukan penguatan nilai-nilai keagamaan serta sebagai  ujung tombak dalam merawat juga menjaga kekondusifan kerukunan antarumat beragama di Kota ini.

Musaddad juga mengajak para guru agar dapat menanamkan dan menyuburkan nilai-nilai kebersamaan. Kita tumbuhkan kesadaran untuk menemukan persamaan, tidak mengedepankan perbedaan. Kita ambil hikmah dalam perbedaan. Kita belajar mengenal melalui perbedaan," sebut Musaddad. Musaddad pun berharap para guru agama lintas agama di Kota Medan  agar bersinergi membangun dan memelihara kekondusifan kerukunanan umat beragama. Musaddad juga mengingatkan peserta agar mengikuti kegiatan dialog tersebut dengan serius sampai selesai, dan ilmu yang diperoleh selama mengikuti dialog dapat diimplementasikan di lingkungan dan tempat tugas masing-masing. Sebelumnya, Ketua FKUB Kota Medan, Drs. H. Ilyas Halim, M.Pd, mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakan dialog adalah  untuk mempererat silaturrahmi antara sesama guru agama lintas agama juga dengan FKUB Medan.

Dialog ini juga bertujuan, setelah mengikuti dialog ini para guru agama lintas agama  dapat menyampaikan pesan- pesan kerukunan  di lingkungan dan tempat tugasnya masing-masing," terangnya. Dialog ini diikuti sebanyak 150 guru agama lintas agama. Berlangsung mulai pagi hingga siang. Bertindak sebagai narasumber Kakan Kemenag Medan, Al Ahyu, dengan materi Kebijakan Pemerintah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Dr. H. Hasan Matsum, M.Ag yang memaparkan tentang Peran Guru Dalam Pendidikan Kerukunan Umat Beragama. Turut pula menjadi narasumber Drs. H. Ilyas Halim, M.Pd yang menyampaikan tentang Peran FKUB Dalam Membina Kerukunan Guru-guru Agama dan Pendeta Erwin Tambunan, M.Th yang memaparkan soal Bhineka Tunggal Ika.[ulfah]

Posting Komentar

Top