0
NIAS | GLOBAL SUMUT-Dalam Rangka Pembinaan Pertahanan Wilayah dan Pemberdayaan Daerah Pesisir Lanal Nias menggelar Acara Penanaman Pohon Mangrove/Bakau yang berlokasi di Pantai Pasir Putih TPI Telukdalam Nias Selatan, Jum’at (14/09/2018). 

Kegiatan Penanaman Mangrove/Bakau ini adalah sebagai Wujud Kepedulian TNI Angkatan Laut  terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup agar dapat terus terpelihara dan terjaga, hal ini juga merupakan implementasi salah satu Tugas Pokok TNI Angkatan Laut sesuai dengan Pasal 9 Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 Tentang TNI yaitu “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Laut.” 

Komandan Lanal Nias Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, Mtr, Hanla dalam sambutannya yang dibacakan Palaksa Lanal Nias Mayor Laut (T) Ruruh Prasetya menyatakan bahwa pohon Mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang sangat berguna bagi Ekosistem, Air dan Alam sekitar. Secara fisik pohon mangrove bermanfaat sabagai penahan abrasi pantai, penahan peresapan air laut, penahan angin, penahan ombak dari gelombang besar, menurunkan kandungan gas karbondioksida di udara dan bahan pencemaran pantai. Secara biologi pohon mangrove berfungsi dan bermanfaat juga sebagai tempat hidup, berlindung, mencari makan, pemijahan, asuhan biota laut seperti ikan, udang dan burung. selain itu pohon mangrove juga berfungsi sebagai Wilayah Pertahanan. 

Dengan pohon mangrove dan hidupnya biota laut maka masyarakat dan nelayan dapat meningkatkan perekonomian sekaligus sebagai ketahanan pangan. 

Kabupaten Nias Selatan merupakan salah satu Kabupaten di Kepulauan Nias daerahnya dikelilingi pantai yang sangat rawan akibat cuaca. 
Perubahan permukaan air laut secara vertikal disebabkan oleh gempa bumi yang berdampak terjadinya abrasi pantai, sehingga perlu upaya perlindungan pantai sebagai upaya pembangunan Wilayah dan melestarikannya dengan menanam sebanyak 5000 batang bibit mangrove yang bertujuan membantu Pemerintah daerah dengan program penghijauan guna mencegah bencana alam, melindungi garis pantai dari abrasi/pengikisan dan meredam gelombang besar termasuk Tsunami. 

Sedangkan sasaran yang akan dicapai adalah terjaganya kelestarian lingkungan hidup hutan mangrove di pesisir pantai sehingga dapat meningkatnya sosial ekonomi masyarakat pesisir dengan semakin terpeliharanya sarana perkembangbiakan biota laut, terwujudnya Kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan Rakyat dan tercapainya ruang alat dan kondisi juang yang tangguh.  

Sebagai bentuk Sinergitas Antara TNI-Polri dengan Komponen Masyarakat pelaksanaan kegiatan penanaman Mangrove ini melibatkan Prajurit   Lanal Nias.  Dan dalam kegiatan ini pula telah dilaksanakan penyerahan pohon mangrove secara simbolis kepada : 1. Kodim 0213/Nias 2. Lanal Nias 3. Polres Nias Selatan  4. Masyarakat 5. Pramuka Saka Bahari dan  6. SMA Taruna Hangtuah.

Turut hadir dalam pelaksanaan Penanaman Mangrove tersebut Bupati Nias Selatan diwakili Asisten 3, Ketua DPRD Nias Selatan diwakili,  Letkol Laut ( KH ) Drs Sonny  Sandimond,  M.si Pabandya Hankuatmas Spotmar Mabesal, Dandim 0213/Nias diwakili Danramil Nias Selatan, Kapolres Nias Selatan diwakili Kasat Sabara, Kadis Kelautan dan Perikanan,  Kadis Pariwisata,  Kadis Pertanian, Kabid lingkungan hidup, Camat Telukdalam,  Lurah Telukdalam, Ibu Jalasenastri, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, HNSI Telukdalam dan Pramuka Saka Bahari serta Siswa SMA Taruna Telukdalam.[abu]

Post a Comment

Top