0
NIAS | GLOBAL SUMUT-Komandan Lanal Nias Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, Mtr., Hanla., Bersama dengan Prajurit Lanal Nias menggelar pelaksanaan Upacara Hari Jadi ke-73 TNI Angkatan Laut 10 September 2018 bertempat di Pos TNI AL Gunungsitoli Nias, Senin (10/9/208).

Pada Kesempatan tersebut Danlanal Nias berkesempatan membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang menyatakan pelaksanaan upacara hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan ini. Dalam kurun waktu 73 tahun, telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para penjuang pendahulu kita, untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui laut. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri Angkata Laut. Wujud pengabdian tersebut dapat diimplementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang kita miliki demi kejayaan Angkatan Laut.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sumber daya laut kita sangat melimpah, namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Sebagai bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap permasalahan bangsa tersebut, tepat kiranya pada peringatan hari jadi kali ini Tema yang diambil yaitu, “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut”.

Makna dari tema tersebut adalah TNI Angkatan Laut bersama segenap Komponen Bangsa akan berusaha sekuat tenaga mengembalikan Jati Diri Bangsa Sebagai Bangsa Maritim yang berjaya di laut. Untuk memwujudkan hal tersebut, maka TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim baik di wilayah perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia maupun di kawasan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Berkaitan dengan pelaksanaan Hari Jadi TNI AL Ke-73 tersebut Lanal Nias juga mengadakan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan pada tanggal 7 September 2018 di RSU Gunung Sitoli ini merupakan bentuk implementasi TNI AL ini untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat yang diwujudkan melalui kegiatan donor darah.

Turut hadir pada pelaksanaan Upacara Hari Jadi ke-73 TNI AL tersebut Bupati Nias, Walikota Gunungsitoli, Dandim 0213/Nias, Mewakili Kajari Gunungsitoli, Mewakili Kapolres Gunungsitoli, Tokoh Masyarakat Gunungsitoli, Tokoh Agama dan LSM Nias/Gunungsitoli.[abu]

Posting Komentar

Top