0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Kendati hujan gerimis mengguyur Kota Medan, Selasa (11/09) pagi, hal itu tidak menyurutkan langkah warga Kota Medan khususnya umat Muslim untuk menghadiri Tabliqh Akbar dalam rangka peringatan 1 Muharram 1440 Hijriyah. Ribuan warga tetap berduyun - duyun mendatangi Lapangan Benteng untuk mengikuti Tabliqh Akbar bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof, Dr, KH, Nasaruddin Umar, MA. Peringatan Tahun Baru Islam yang berlangsung Khidmat ini mengambil tema Melalui Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H, Kita Jadikan Momentum meningkatkan Ketaqwaan dan Ibadah kepada Allah SWT untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas menuju Medan Rumah Kita menjadi kota masa depan yang Multikultural, Berdaya saing, Humanis, Sejahtera dan Religius.

Dalam Tabliqh Akbar ini, Wali Kota Medan Drs.H.T. Dzulmi Eldin S, M.SI hadir bersama Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, S.H. Selain itu, hadir juga Wakil Wali Kota Medan Ir.H Akhyar Nasution, MSI, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, Ketua MUI, Prof Mohd Hatta, Unsur Forkominda diantaranya Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah, Kakankemenag Kota Medan H. Al Ahyu, Para Pimpinan OPD dan Camat se Kota Medan. Dikatakan Wali Kota, sejarah tahun baru Islam di mulai di tahun kedua masa kekhalifahan sayyidina Umar bin Khattab, dimana penetapan awal tahun baru Hijriyah atas dasar masa ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Akan tetapi Saat ini Syiar peringatan tahun baru Islam beberapa tahun belakangan diakui lebih meriah dibandingkan dahulu. Namun kita tetap bersyukur karena tahun baru islam 1 Muharram 1440 Hijriyah tahun ini banyak diisi berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi Umat Muslim, salah satunya Tabliqh Akbar ini. Menyambut tahun politik 2019 yang akan diwarnai dengan Pemilihan Presiden pada bulan April mendatang, mari kita jadikan Momentum tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah ini sebagai awal yang baru untuk kian merekatkan ikatan persaudaraan sesama umat muslim", kata Wali Kota.

Selanjutnya, Wali Kota Medan mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, semoga akan muncul kemenangan yang gemilang bagi umat muslim ditahun yang baru dengan semangat yang baru. Artinya dengan niat yang tulus dan ikhlas, semua rencana yang kita rencanakan akan dapat terlaksana dengan baik. "Di tahun Baru Islam ini semoga Kota Medan akan menjadi kota yang kian Religius bagi tumbuh kembang Keluarga Kita", harap Wali Kota. Al Ustad Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA dalam tausiyahnya menyampaikan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah merupakan sarana Umat Muslim untuk berhijrah ke arah yang lebih baik lagi. Artinya dalam berhijrah kita harus naik tingkat, seperti menjadi orang yang lebih sabar, lebih ikhlas dan lebih bersyukur. Tingkatan Sabar ada tiga tingkat yakni, Sabir, Masabir dan Asshobur. Jika saat ini kesabaran kita masih ditingkat Sabir, maka tahun ini harus naik tingkat menjadi orang yang lebih sabar dan menjadi orang yang sabarnya tanpa batas", jelas Ustad Nasaruddin Umar. Selanjutnya, dijelaskan Ustad, seorang manusia harus memiliki rasa ikhlas yang besar dan ikhlas ini terbagi menjadi dua kelompok yakni Mukhlis dan Muklas. Mukhlis berarti ikhlas melakukan kebajikan, tetapi masih mengingat perbuatannya tersebut yang dapat menjadi ria. Sedang Mukhlas, ikhlas melakukan kebajikan dan tidak bersedia diketahui orang lain, dan apabila dipuji dia bersedih. Selain itu umat muslim juga harus memiliki rasa syukur kepada Allah SWT. Syukur dibagi menjadi dua tingkatan pertama syukur dan kedua Assyakur yang artinya bersyukur terhadap semua yang diberikan kepada Allah baik itu buruk baginya maupun bermanfaat baginya. Untuk itu keseluruhan ini ditahun baru Islam 1 Muharram 1440 H harus kita lewati sebagai hijrah diri", ungkap Ustad.[ulfah]

Post a Comment

Top