0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) R.Sabrina Membuka Pertemuan Penguatan Kemitraan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Gedung Bina Graha Jalan Diponegoro Medan, Senin (12/11). Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara dengan tema Mewujudkan Visi Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat.

Kata Sabrina, pertumbuhan penduduk di Sumatera Utara belum seimbang. “Berdasarkan survey demografi kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017, angka kelahiran total di Sumatera Utara masih berada pada angka 2,9 sehingga pertumbuhan penduduk belum seimbang,” kata Sabrina.

Untuk itu, lanjut Sekda, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kerjasama antara pemerintah daerah dengan instansi, lembaga, organisasi kemasyarakatan, serta organisasi kepemudaan tingkat provinsi. “Semoga akan terjalin kerjasama yang bersinergi dan konsisten dalam mendukung keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Sumatera Utara,” ujarnya.

Dalam hal ini Sekda memiliki peran untuk melakukan pemberdayaan dan peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan tingkat provinsi dalam pengelolaan, pelayanan dan pembinaan serta kesertaan ber-KB. Serta pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

“Kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam meningkatkan sinergitas lembaga dan organisasi yang berpedoman pada visi pemerintah daerah Provinsi Sumut di dalam konsep RPJMD provinsi,” ujar Sekda Prov Sumut.

Program keluarga berencana merupakan wujud dari pembangunan yang berkelanjutan. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan berkualitas. “Pembangunan tersebut diarahkan sebagai upaya peningkatan kualitas penduduk, melalui perwujudan keluarga kecil yang sejahtera,” tambahnya.

Terakhir, Sabrina mengapresiasi peserta yang berhadir. Katanya, dengan mengikuti kegiatan tersebut, peserta telah ikut peduli dengan pertumbuhan penduduk dan pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Dalam acara tersebut, berhadir Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ria Nofida Telaumbanua, mewakili BKKBN, mewakili Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dan Ormas.[ulfah]

Post a Comment

Top