0
MEDAN | GLOBALSUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menerima dua penghargaan TOP IT & TELCO  2018 dengan kategori: TOP IT on Back End & Front End 2018 serta TOP Leader on IT Leadership 2018 untuk Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana. 

Penghargaan ini diserahkan kepada Senior Manager Teknologi Informasi Pelindo 1, Baratto Rosalina oleh M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP IT & TELCO 2018 yang sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah It Works pada Kamis, 6 Desember 2018 di Golden Ballroom The Sultan Hotel Jakarta.

Penghargaan TOP IT & TELCO 2018 yang bertema Great IT for Great Business & Government ini diselenggarakan oleh Majalah It Works merupakan penghargaan bagi lembaga baik pemerintah maupun swasta yang dinilai berhasil membangun sistem kerja dan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital yang penilaiannya dilakukan secara obyektif dan independen oleh para pakar IT. 

Penghargaan ini diberikan kepada Pelindo 1 karena program dan komitmen Pelindo 1 dalam penerapan sistem IT dalam proses transformasi bisnis dan program digitalisasi pelabuhan dalam peningkatan layanan kepada pelanggan.

Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi Pelindo 1 yang telah menerapkan dan memanfaatkan teknologi dengan baik untuk proses bisnisnya.

Dinamika era digital membuat Pelindo 1 terus melakukan inovasi dengan melakukan implementasi teknologi untuk mendukung era industri 4.0, terang Baratto Rosalina.

Baratto Rosalina menjelaskan bahwa Pelindo 1 telah melakukan transformasi bisnis dan teknologi dengan penerapan digitalisasi pelabuhan untuk segmen layanan penumpangn serta layanan kapal dan barang. 

Pada segmen layanan penumpang, Pelindo 1 menerapkan sistem e-berthing dan e-pass di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang yang mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).   

Selain itu, pada segmen layanan kapal dan barang, Pelindo 1 menerapkan Integrated Billing System (IBS) dan penyandaran kapal dengan sistem window atau jadwal yang telah direncanakan di Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) dan Belawan International Container Terminal (BICT) sejak tahun 2017.

Sistem ini memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa karena dapat diakses melalui smartphone. 

Pelindo 1 juga sedang melakukan migrasi sistem front end Pelindo 1 dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) Terpadu ke sistem baru yang disebut Indonesia Gateway Master Terminal (iGMT) untuk menunjang dan mempercepat program digitalisasi pelabuhan.

“Pelindo 1 akan terus berinovasi dan melakukan pengembangan IT umtuk meningkatkan kinerja perusahaan dan semakin mempermudah pengguna jasa. 

Ke depannya, kami akan menerapkan teknologi digital di setiap pelabuhan milik Pelindo 1 agar mampu bersaing di era pasar nasional maupun global, tutup Baratto.[abu]

Posting Komentar

Top