0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, MSi.,M.H bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto SH,MH dan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah ikut memeriahkan Perayaan Hari Buruh Internasional di lapangan Merdeka Medan, Rabu (01/05). Berbagai Kegiatan dan Perlombaan digelar dalam Perayaan Hari Buruh Internasional (Mayday) yang diikuti ribuan buruh dari 19 Serikat Pekerja tersebut.

Dari berbagai Perlombaan yang ada, Wali Kota Medan bersama Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB serta Asisten Intelijen Kejatisu, Leo Simanjuntak mengikuti lomba tarik tambang melawan tim Wartawan. Perlombaan berlangsung seru. pada ronde pertama tim Wartawan berhasil menaklukkan Tim Wali Kota Medan dan Kapolda Sumut, tetapi di ronde kedua dan ketiga giliran wartawan yang taklukkan. Dengan hasil tersebut Tim Wali Kota dan Kapolda Sumut berhasil keluar sebagai pemenang lomba Tarik tambang di Perayaan Hari Buruh Internasional.

Selain lomba tarik tambang, perayaan Hari Buruh Internasional di Kota Medan ini juga digelar perlombaan lainnya, diantaranya Lomba Panjat tebing, lomba Pukul guling, lomba balap terpal bakiak dan lomba joget balon. Perayaan Hari Buruh ini semakin meriah dengan diisi Hiburan musik dan Pesta Kuliner serta berbagai Hadiah mulai dari Sepeda gunung, Sepeda motor dan barang Elektronik.

Sebelum Perlombaan, Perayaan Hari Buruh Internasional dimulai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Wali Kota Medan, Kapolda Sumut, Pangdam I/Bukit Barisan (BB), Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Pol, beserta perwakilan jajaran TNI-Polri lainnya. Dalam sambutanya, Kapolda Sumut mengucapkan selamat hari buruh Internasional kepada semua buruh yang ada di Sumatera Utara khususnya Kota Medan. Semoga kedepannya buruh-buruh yang ada di Sumatera Utara ini dapat lebih sejahtera dengan kerja keras yang mereka lakukan tentunya.

Menurut Kapolda Sumut, Peringatan hari buruh internasional ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini  peringatan digelar dengan perayaan yang diisi berbagai kegiatan dan perlombaan yang diikuti seluruh Serikat Pekerja yang ada di Sumatera Utara.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh Buruh dan seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam mewujudkan keamanan di daerah Sumatera Utara. Mari kita rayakan peringatan hari buruh ini dengan berbahagia", kata Kapolda Sumut.

Selanjutnya Wali Kota Medan dalam sambutanya mengatakan Peran Buruh sangat signifikan bagi kemajuan Kota Medan, akan tetapi upaya konkrit untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan para buruh hingga kini belum optimal. sehingga kesejahteraan buruh masih ditingkat kurang membahagiakan.

"Kerjasama antara Elemen yang meliputi Pemerintah, Serikat Pekerja, buruh, LSM dan Media Massa sangat diperlukan untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para buruh. Artinya tanpa ada kerjasama maka akan sangat sulit mewujudkan kesejahteraan buruh", kata Wali Kota yang hadir bersama Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution,MSi dan Sekda Kota Medan Ir.Wiriya Al Rahman MM. 

Menurut Wali Kota, Perayaan Hari Buruh Internasional yang dilakukan ini sangat positif. Artinya peringatan hari buruh ini dapat kita lakukan dengan suka cita dan suka ria tanpa ada aksi unjuk rasa. Artinya melalui Perayaan ini kita dapat bersama-sama merasakan kebahagiaan di hari buruh internasional. Sementara itu, mewakili Serikat Pekerja, Ketua SPN, Anggiat Pasaribu mengungkapkan bahwa pada Buruh mohonkan kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan nasib buruh, karena kami juga rakyat Indonesia. Artinya Serikat Pekerja meminta kepada pemerintah untuk mencabut PP No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan dan Permaneker No.15 Tahun 2018 Tentang Upah Minimum. Selanjutnya Perayaan Hari Buruh Internasional ini diisi dengan pencabutan Lucky draw oleh Wali Kota Medan , Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB dan pembagian hadiah.  

(Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan)

Posting Komentar

Top