0
LABURA | GLOBAL SUMUT-Pembangunan tiga gedung ruang kelas baru SDN 117510 Sei Birong Kelurahan Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara Sumut yang bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Tahun 2019 sebesar  Rp 550.500.000,00 (lima ratus lima puluh juta lima ratus ribu rupiah) diduga sarat KKN. Pantauan wartawan senin 2/12 di lapangan, ada kejanggalan-kejanggalan yang mencolok dan mendasar. 

Kelihatan pengerjaan pondasi dasar gedung terlihat ada yang memakai batu padas dan sebahagian memakai pondasi langsung dari batu bata. Lalu dipasang cor slop sebagai dasar titik nol bangunan tersebut. 

Untuk mengelabui pengawas dan masyarakat sekitar, dilakukan penimbunan yang dengan tanah merah yang sengaja didatangkan pakai mobil dump truk.

Pengerjaan timbunan di tiga ruang tersebut terkesan dipaksakan dan dipercepat,ada dugaan kuat agar pondasi yang dikerjakan semarawut itu tidak diketahui oleh pengawas atau yang berkompeten dalam pembangunan itu. 

Kepala Sekolah Boru Manurung SPd,ketika dicomfirmasi di ruang kerjanya perihal mutu dan pembangunan tiga ruang kelas baru memaparkan, saya rugi mengerjakan swakelola ini pak, tanah timbun ini tidak ada masuk di RAB. Padahal dana sebesar itu tidak mungkin tidak cukup untuk membangun tiga gedung ruang kelas baru.

Bukannya dana dan rancangan pembangunan sudah ada petunjuknya tanya wartawan. Ia malah blak blakan menuturkan, "saya rugi dan tidak mendapat apa apa, katanya. 

Seakan akan Kepala sekolah berpura pura bodoh dan tidak mengetahui melaksanakan program swakelola. Malah dia sempat nenirukan bahasa salah seorang Kabid program Disdik Kabupaten yang katanya, "kan ibuk yang memohon mohon agar sekolahnya dapat bantuan kata Kasek mengalihkan pembicaraan kepada wartawan".Padahal di lapangan pengerjaan bangunannya asal jadi,disangsikan mutu dan kwalitas bangunan diduga tidak sesuai bestek. Terlihat ada upaya menyegerakan menutupi pondasi yang kelihatan ambaradul dan disangsikan kekuatannya. Diminta instansi terkait agar segera turun ke lapangan guna mengecek bangunan itu. (U. H)

Posting Komentar

Top