0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Sejumlah pengamat sosial dan politik di Sumut menilai apa yang dilakukan oleh Anggota DPRD Kota Medan, Aulia Rahman, adalah langkah kongkrit membantu kesulitan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

Pengamat kebijakan publik Universitas Sumatera Utara (USU), M. Akbar Pribadi, M.Si, Kamis (23/4/2020), mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 yang berimbas pada lemahnya perekonomian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, maka sudah sepatutnya kita mengapresiasi apa yang dilakukan Aulia Rahman tersebut.

“Pemerintah dengan keterbatasan yang ada diyakini tidak mampu menjangkau seluruh kebutuhan ekonomi masyarakat, oleh sebab itu perlu support pengusaha. Lantas jika para pengusaha pun sembunyi dan tidak mau peduli dengan lingkungan sekitarnya, apa hal ini didiamkan saja?,” kata Akbar.

Menurutnya, apa yang dilakukan Aulia itu dalam kapasitasnya sebagai Anggota Dewan sudah sangat tepat. Dia punya tanggung jawab terhadap rakyat yang memilihnya, dan dia punya tanggung jawab pribadi untuk membantu pemerintah dan mengingatkan pengusaha untuk peduli terhadap kondisi saat ini.

“Mungkin saja dia sebelumnya sudah turun menggunakan dana pribadi untuk bantu masyarakat. Namun jika dirasa masih kurang mengingat jumlah masyarakat yang banyak, ya sudah jadi tugasnya dia untuk ingatkan pengusaha agar ikut peduli,” tegasnya.

Sementara itu, pengamat sosial dari Universitas Medan Area (UMA), Ara Auza, M.Ikom, menilai bahwa dampak sosial ekonomi akibat Covid-19 ini sangat luar biasa terjadi dalam mempengaruhi perilaku masyarakat.

“Jutaan masyarakat di PHK dan kehilangan pekerjaan. Penjarahan sudah terjadi diberbagai daerah akibat sulitnya ekonomi, jika hal ini tak teratasi dengan cepat, maka stabilitas keamanan negara bisa kacau,” katanya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Aulia Rahman tersebut mungkin sudah dilakukan juga oleh pejabat yang jauh lebih tinggi jabatannya ketimbang dia.

Misalnya Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, hampir tiap hari bantuan masuk ke provinsi. Hal itu tidak mungkin terjadi jika bukan karena ada campur tangan kekuasaan. “Sejatinya kekuasaan itu memang harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Maka apa yang dilakukan Aulia Rahman tersebut sudah sangat tepat,” tegasnya.

Menurutnya, jika di seluruh daerah ada orang dengan karakter seperti Aulia Rahman ini, maka guncangan ditengah masyarakat minimal dapat teratasi. Sebab dari 50 anggota DPRD Kota Medan, mungkin hanya Aulia Rahman yang melakukan gerak cepat begini, maka wajar jika hal ini menjadi ramai diperbincangkan.

“Situasi saat ini, sebenarnya kurang tepat untuk bicarakan hal teknis soal surat menyurat sehingga Aulia Rahman dipersalahkan. Yang terpenting substansi nya itu untuk rakyat dan Aulia sudah tepat menggunakan kekuasaan nya untuk kepentingan rakyat banyak,” tegasnya.

Sementara Aulia Rahman yang di konfirmasi awak media ini terkait adanya berita yang menyudutkan dirinya mengatakan, Saat ini dewan di tuntut andil langsung ke masyarakat menyikapi pandemik Covid -19,

" Saya hanya melihat kenapa hal- hal picik di mainkan saat ini , harusnya mari kita membangun opini kepada masyarakat agar timbul kepercayaan masyarakat terhadap dewan", Ujarnya.(rs)

Posting Komentar

Top