0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si diwakili Kepala Badan Kesbangpol, Sulaiman Harahap, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Jumat (5/6) melalui video conference. 

Rakor yang diikuti segenap kepala daerah, KPU, Bawaslu, DKPP, KPU dan Bawaslu Provinsi, KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia ini digelar untuk mematangkan koordinasi dan memastikan tahapan Pilkada yang akan dimulai 15 Juni nanti tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian selaku pimpinan rapat mengatakan ada sejumlah alasan yang mendasari Pilkada serentak 2020 tetap dilaksanakan meski pandemi Covid-19 masih juga melanda Indonesia. Kesepakatan jadwal pemungutan suara pada 9 Desember mendatang, lanjut Mendagri, merupakan hasil Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR RI bersama Kemendagri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Rabu, 27 Mei lalu.

"Selain sebagai keputusan politik bersama, alasan Pilkada tetap dilaksanakan meski dalam kondisi pandemi yaitu sebagai etalase kedewasaan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi. Selain itu juga menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia siap untuk berdemokrasi di tengah pandemi seperti hal negara-negara lain di dunia," kata Mendagri.

Alasan lainnya, ungkap Mendagri, di dunia internasional, keberlangsungan pemilu secara terjadwal menjadi penentu indeks demokrasi (democracy index) dari sebuah negara.

"Indeks ini setiap tahun diumumkan oleh Economist Inteligent Unit (EIU) dan selanjutnya indeks ini dipakai oleh berbagai lembaga internasional, negara serta investor dalam menilai sebuah negara," jelasnya.

Berkaitan dengan itu, Mendagri menginstruksikan penyelenggara dapat melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam pelaksanaan Pilkada sehingga seluruh tahapan dapat berjalan aman, sukses dan lancar.

"Perlu diingat, Pilkada kali ini kita lakukan dalam kondisi yang berbeda karena harus mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan. Jalankan semua sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku dan sudah ditetapkan," pesannya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Sulaiman Harahap usai Rakor mengatakan Pemko Medan siap mendukung kelancaran Pilkada Serentak 2020.[Mashuri Lubis]

Posting Komentar

Top