0


LANGSA | GLOBAL SUMUT-Wakil Wali Kota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM membuka acara Pelatihan Kader Ulama (PKU) Ke-4 (Empa) yang dilaksanakan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Langsa, di hotel Ferla Inn Kota Langsa, Senin (27/9/21).


Dalam sambutannya Wakil Walikota Langsa menyambut baik kegiatan Pelatihan Kader Ulama (PKU) pada hari ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sejalan dengan perkembangan tugas-tugas penyelenggaraan keorganisasian dan pembangunan. 

"Maka MPU senantiasa berupaya meningkatkan mutu para kadernya melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan dinamika pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Marzuki Hamid menambahkan konsiderasi merupakan konsep ulama berpegang kepada amar makruf nahi mungkar dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara telah banyak membantu kondusifitas negara  dan membangun bangsa Indonesia menuju manusia yang memiliki peradaban. 

Dari konsep dasar seperti itu, sambutannya, maka negara dalam hal ini pemerintah baik ditingkat pusat sampai pemerintah gampong merasa perlu untuk tidak menempatkan ulama pada posisi objek dalam pembangunan.Akan tetapi agak harus berusaha menempatkan ulama sebagai mitra pemerintah dalam mengisi pembangunan Indonesia seutuhnya.

"Kemajuan organisasi tidak terlepas dari penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Termasuk didalamnya informasi yang mampu mengakses informasi bagi anggota organisasi. Dan kader ulama jangan sampai gaptek (gagap teknologi) kemajuan teknologi harus mampu dimanfaatkan oleh kader ulama dalam menyikapi perkembangan abad digitalisasi," cetusnya

Selain itu, katanya, peserta pelatihan kader ulama ini mampu berdiri di garda terdepan  melawan berita bohong atau hoaks baik di media sosial maupun ditengah-tengah masyarakat.Dikarenakan berita hoaks tersebut sangat berpotensi terjadi perpecahan sesama umat.

"Pada zaman Rasulullah Shalalahu'Alahi Wassalam berita bohong adalah hadits palsu yang sengaja dibuat untuk menciptakan perpecahan,"jelasnya

Sementara itu,Ketua MPU kota Langsa,Tgk.H. Salahuddin,S.Ud menjelaskan kegiatan Pelatihan Kader Ulama merupakan kegiatan rutin dan pokok yang diamanahkan oleh Qanun Nomor 2 tahun 2009 tentang MPU. 

"Kegiatan Pelatihan Kader Ulama ini diikuti oleh 20 peserta.Sebelumnya peserta yang mendaftar ada 31 orang yang berasal dari berbagai Dayah di Kota Langsa namun yang dinyatakan lulus seleksi 20 orang," jelasnya.(arman suharza)

Posting Komentar

Top