0


LANGSA|GLOBAL SUMUT-Akibat intensitas curah hujan sangat tinggi yang mengguyur Kota Langsa menyebabkan air Krueng Langsa meluap dan menghantam rumah warga yang berada di bantaran sungai akibatnya 1 rumah warga amblas.(24/08/23)

Menurut Tgk.Salahuddin Geuchik Gp.Sidorejo  Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa mengatakan kejadian ambalasnya rumah warga terjadi sekitar jam 12.°° WIB  akibat derasnya curah hujan pada malam Kamis sehingga meluapnya air sungai yang menghantam rumah warga di bantaran Krueng Langsa.

Peristiwa tersebut tidak memakan korban jiwa sebab disaat kejadian pemilik rumah Hendra Syafutra tidak berada ditempat dan rumah dalam keadaan kosong,"jelasnya.

Beliau mengharapkan kepada Pemko Langsa segera dapat mengatasi erosi di Krueng Langsa dengan jalan meninggikan bronjong yang sudah ada untuk menahan erosi kikisan air sungai karena kalau tidak ditinggikan dikhawatirkan kondisi longsor bantaran Krueng Langsa semakin parah dan semakin meluas,"harapnya

Disamping itu memohon kepada Pemko Langsa agar warga yang tinggal di bantaran Krueng Langsa yang terdampak langsung longsor akibat erosi lukisan air sungai dapat direlokasi segera ke daerah Perumahan Timbang Langsa untuk lebih aman,"pintanya.

Sementara tim BPBD bersama instansi terkait telah meninjau langsung lokasi terjadinya longsor akibat hujan deras di bantaran sungai Krueng Langsa.

Rizha Pati sekretaris BPBD Kota Langsa menyebutkan terdapat 2 rumah warga lainnya yang berdekatan dengan rumah yang amblas yang saat ini juga terancam amblas ke sungai," sebutnya.

Pihak BPBD telah mengambil langkah konkrit melakukan koordinasi dengan Forkopimda dan mengadakan pertemuan dengan warga atau pemilik rumah yang terdampak langsung longsor untuk mencari solusi terbaik.Terkait dengan ini Pemko Langsa akan melakukan relokasi warga disepanjang bantaran Krueng Langsa ketempat yang lebih aman.(arman suharza)

Posting Komentar

Top