0


MEDAN | GLOBAL SUMUT. COM - Segenap jajaran Lapas Kelas I Medan mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 Tahun 2024 pada Senin (20/5/2024) di Lapangan Olahraga Lapas Medan. Kepala Bidang Adm. Kamtib, Suranta Sinuraya, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan resmi Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116.

Suranta menyebutkan lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908 telah lahir organisasi Boedi Oetomo, yang menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan hari ini. Sebelum Boedi Oetomo, sambung Suranta, adalah Kartini, perempuan dari kota kecil Jepara, yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia.

Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini, dan para embrio bangsa kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai "jembatan emas". Kemerdekaan yang dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah "jembatan emas" yang membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri.


“Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi berbagai tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” sampai Suranta dalam kegiatan nasional bertema Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas.

Dalam rangka menyemarakkan perayaan dan khidmatnya Hari Kebangkitan Nasional, dalam upacara para pegawai menyanyikan lagu kebangsaan “Satu Nusa Satu Bangsa” dengan penuh semangat. Mari rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas. (Ind)

Posting Komentar

Top