0
PANGKALAN BRANDAN | GLOBAL SUMUT - Keberanekaragaman suku bangsa yang dimiliki Kabupaten Langkat merupakan kekuatan luar biasa yang jarang dimiliki oleh semua daerah, jika potensi tersebut mampu dileburkan menjadi sebuah harmoni keberagaman bukan tidak mungkin Langkat akan menjadi satu diantara kekuatan masyarakat yang dibutuhkan dalam membangun bangsa.

Hal tersebut dikatakan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH melalui arahan tertulisnya yang dibacakan Sekda Surya Djahisa ketika menghadiri acara HUT Himpunan Keluarga Batak (HIKBA) Kabupaten Langkat yang ke 9 tahun dan pelantikan pengurus Kecamatan se-Kabupaten Langkat organisasi etnis batak itu di lapangan Petrolia Pangkalan Berandan Kecamatan Babalan, Senin (12/11).

“Masyarakat Batak dikenal memiliki jiwa dan semangat pantang menyerah, ulet, berani membela kebenaran menghadapai tantangan dalam menggapai tujuan” kata Sekda Surya yang sebelumnya menyampaikan permohonan maaf Bupati Ngogesa yang tidak dapat memberikan sambutan langsung karena sedang mengalami gangguan pada suara, “Tetapi karena kecintaan beliau kepada masyarakatnya, walaupun dalam keadaan yang kurang sehat, Pak Bupati tetap hadir bersama kita disini” tegas Surya yang disambut applause ribuan masyarakat Batak yang memadati tribun lapangan tersebut.

Lebih lanjut kata Surya kiranya nilai-nilai luhur budaya dan sikap pantang menyerah itu hendaknya ditularkan kepada element generasi muda agar dalam pergaulan sehari-hari mengedepankan kebersamaan dan menjauhi pertentangan serta siap berjuang meraih cita-cita dan harapan.

Pada bagian lain dalam pidatonya Bupati Langkat itu mengajak segenap element masyarakat khusunya HIKBA untuk terus memperkuat kebersamaan dengan tidak memandang suku bangsa, akan tetapi lebih pada kesamaan tekad untuk menjadikan Langkat negeri yang lebih beradab dalam semangat mensukseskan visi masyarakat religius.

Kehadiran Ngogesa disambut antusias dengan tarian-tarian khas batak, setelah sebelumnya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sopo Godang (Rumah Adat Batak) yang terletak di jalan perjuangan Desa Pelawi Selatan Kecamatan Babalan, Secara pribadi Bupati Langkat itu juga memberikan 2000 helai kain sarung kepada seluruh masyarakat batak yang berhadir.

Sementara ketua HIKBA Langkat St. TR. Panggabean menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya atas kehadiran Bupati yang selama ini telah banyak peduli dan membantu masyarakat batak yang ada di Langkat, “Pada acara kali ini Pak Bupati juga memberikan se-ekor kerbau besar yang bertanduk runcing” ucapnya seraya mengajak seluruh saudaranya masyarakat batak terus mendukung, selalu mendo’akan dan siap memenangkan Bupati Ngogesa untuk kembali memimpin Langkat pada periode berikutnya, “Kepedulian Pak Ngogesa terhadap masyarakat telah terbukti, buat apa kita cari yang lain” teriaknya lantang.

Sebelumnya ketua panitia acara St. Drs. B. Sitorus mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya acara selain sebagai ajang berkumpul juga untuk memperkuat konsolidasi masyarakat batak yang ada di Langkat mendukung visi Pemkab Langkat dibawah kepemimpinan Bupati Ngogesa, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat etnis batak memberikan suaranya untuk kembali menghantarkan Bupati Ngogesa  memimpin Langkat pada periode kedua.

Hadir mendampingi Bupati Asisten Ekbangsos Indera Salahuddin, Inspektur Kab. Langkat Sedar Sembiring, Ka. BKD Amril, Kakan Budpar Edi Sahputra, Kabag Humas Rudi Kinandung dan Camat Babalan Faizal Rizal Matondang.(Awal /Langkat)

Posting Komentar

Top