0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT -  Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menutup Operasi “Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia Malaysia (Patkor Kastima)” yang ke 18 tahun 2012 di Lapangan Kanwil DJBC Sumatera Utara   Selasa Pagi (27/11/2012) di Belawan.

Patkor Kastima tahun 2012 dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 11 s/d 22 September 2012 dan 15 s/d 25 November 2012.

Bertindak Sebagai Inspektur Upacara adalah Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Agung Kuswandono dan Ketua Pengarah Kastam Malaysia, Dato’ Sri Khazali bin Haji Ahmad.

Patkor Kastima merupakan patroli terkoordinasi instansi kepabeanan antara DJBC dan Jabatan Kastam Diraja Malaysia (JKDM).

Operasi yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1994, bertujuan untuk melakukan operasi / patroli pencegahan dan penindakan pelanggaran kepabeanan masing-masing negara serta untuk mempererat tali silaturahmi dan koordinasi antara kedua instansi kepabeanan.

Dalam sambutannya, Agung Kuswandono menyampaikan hasil penindakan selama Operasi Patkor Kastima oleh DJBC yaitu penindakan 1.100 batang kayu bakau dan 958 karung barang kebutuhan pokok. Sedangkan, patroli laut Malaysia melakukan penegahan 1800 batang kayu bakau dan 560 Kg minyak goreng serta 912 kaleng susu.
Beliau juga berharap hubungan bilateral dalam bidang kepabeanan kedua negara hendaknya lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang, misalnya kerjasama pertukaran pegawai untuk dididik dan diberikan pelatihan-pelatihan dalam pelaksanaan tugas kepabeanan dan cukai. (Global / Mdn).

Posting Komentar

Top