0
STABAT  | GLOBAL SUMUT -Festival lagu pop karo yang diselenggarakan panitia hari jadi Kabupaten Langkat ke-263 tahun 2013 mewarnai rangkaian kegiatan dalam menyambut ulang tahun Kabupaten tersebut mampu menyedot perhatian besar masyarakat.

“Karena jumlah peserta hampir mencapai 130 orang, jadi harus dilakukan audisi terlebih dahulu” kata Sedar Sembiring, SH ketua panitia acara yang didampingi Drs. Eddy Dharma Tarigan, M.Si sebagai koordinator pelaksanaan di Gedung Pramuka Langkat, Jum’at (11/1).

Sedar menjelaskan audisi festival yang memperebutkan Trophy Bupati Langkat tersebut bertujuan manyaring para peserta untuk ditandingkan lebih lanjut pada babak semi final dan final pada selasa sampai dengan rabu (15,16/1) mendatang di Jambur Margasilima Stabat, melalui kegiatan ini menurut Inspektur Kab. Langkat itu selain menyemarakkan hari jadi Langkat juga ajang mencari bakat serta membina masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai adat budaya.

Diungkapkannya bahwa seluruh peserta yang telah mendaftar dan akan mengikuti audisi tidak hanya yang bersuku karo tetapi ada juga peserta yang bersuku bukan karo seperti jawa, batak dan melayu, “Kiranya hal ini menunjukkan kebersamaan kita dalam Bhineka Tunggal Ika” ujar Sedar.

Ditempat terpisah Serasi Sinuraya selaku Sekretaris panitia menguraikan bahwa para peserta yang berasal dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Langkat yang lulus pada babak audisi nantinya akan mengikuti semi final dan final dengan menyanyikan 2 lagu yakni 1 lagu pilihan yang masing-masing berjudul “Oh Turang” ciptaan Hasan Ngalimun dan “Taneh Karo Simalem” ciptaan Jaga Depari serta 1 lagu pilihan bebas yang akan mendapat penilaian dengan kriteria penghayatan lagu, teknik vocal,  penampilan atau busana yang dikenakan oleh 3 orang juri Dra. Frida Deliana, M.Si dan Drs. Perikuten Tarigan dari fakultas Etnomusikology Universitas Sumatera Utara (USU) dan artis karo Alan Dhany Sitepu.(Agung / Langkat)

Posting Komentar

Top