0
STABAT I GLOBAL SUMUT - Upacara Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sekaligus pernyataan dimulainya bulan K3 Nasional diselenggarakan serentak secara Nasional, pada tingkat Propinsi Sumatera Utara dipusatkan di Langkat yang penyelenggaraannya dihadiri oleh seluruh perwakilan karyawan dan pekerja pada perusahaan se-Kabupaten Langkat dan sekitarnya, bertindak selaku perwira upacara Kadisnakertrans Langkat H. Syaiful Abdi, SE, M.Pd, Pemimpin upacara M. Nawawi, S.STP yang berlangsung di Alun-alun T.Amir Hamzah Stabat, Kamis ( 4/4 ).

Selaku Inspektur Upacara, Sekdapropsu H.Nurdin Lubis, SH. MM membacakan sambutan Menakertrans Muhaimin Iskandar yang dalam amanatnya menyampaikan tahun ini merupakan tahun keempat bangsa Indonesia untuk berjuang, berperan aktif dan bekerja secara kolektif dalam mendukung cita-cita besar Indonesia Berbudaya K3 tahun 2015 yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Nomor Kep.372/Men/XI/2009..

Berdasarkan UU no 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja Menteri Muhaimin menghimbau dan menyerukan kepada semua pihak untuk lebih meningkatkan K3 di semua kegiatan mulai dari perencanaan, pembuatan/pemasangan, pengoperasian/pemakaian dan pemeliharaan terhadap seluruh peralatan produksi dalam upaya menjamin keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerja maupun masyarakat sebagai konsumen barang atau jasa hasil produksi atau sebagai pengguna sarana fasilitas umum.

Dijelaskan berdasarkan laporan ILO bahwa setiap hari di seluruh dunia terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban fatal ± 6000 kasus, sementara Indonesia setiap 100.000 tenaga kerja terdapat 20 orang fatal, maka tingkat keparahan kecelakaan kerja diseluruh dunia pada umumnya masih cukup tinggi. Ini merupakan angka yang cukup besar, oleh karenanya pelaksanaan K3 ditempat kerja harus mendapat perhatian serius oleh pihak-pihak terkait dalam proses produksi.

Menteri mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat bergerak dan bertindak menjadikan program “Saya Pilih Selamat” menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan K3, “Icon tersebut hendaknya kita suarakan, dengungkan setiap hari agar memotivasi dalam berprilaku sehat” kata Menteri Muhaimin seperti yang dibacakan Nurdin.

Sementara Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan sebagai penyelenggara kegiatan tersebut, ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada para pimpinan perusahaan baik BUMN maupun BUMD dan swasta serta seluruh serikat pekerja, organisasi karyawan dan buruh yang memberikan andil besar menghantarkan Langkat memperoleh penghargaan Nasional K3 dari Kemenakertrans.

“Mari kita tetap jaga kebersamaan, kenyamanan dan iklim kondusif di wilayah kerja masing-masing” sebut Bupati Haji Ngogesa seraya mengatakan bahwa semuanya saling membutuhkan, untuk itu berprinsiplah semua untuk satu dan satu untuk semua demi kebaikan bersama, Bupati Langkat itu juga menyampaikan rasa terima kasih atas program CSR perusahaan yang mampu membantu oeningkatan perekonomian masyarakat Langkat

Sebelumnya Ketua Panitia Drs. Musa Rajekshah, M.Hum melaporkan terpilihnya Langkat sebagai tuan rumah Upacara bulan K3 tingkat Sumut tahun 2013 karena prestasi Bupati Haji Ngogesa yang telah berhasil membina K3 sehingga mendapat penghargaan sebagai Pembina K3 Terbaik se-Indonesia pada 2012 lalu, rangkaian kegiatan tersebut juga diselenggarakan kegiatan sosial sperti pemeriksaan dan pengobatan geratis operasi katarak, donor darah dan penanaman pohon mendukung program 1 Miliar pohon.

Lebih lanjut dikatan Ijeck panggilan akrabnya yang juga Ketua IMI sumut itu satu diantara maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan partisipasi semua pihak untuk optimalisasi pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan usaha.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan piagam penghargaan “Zero Accident” kecelakaan nihil pada 10 perusahaan yakni PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk distr wil III, PT. Anugerah Langkat Makmur, PTPN II Pabrik gula Kw. Madu Langkat, PT.PP Lonsum, Tbk Perk Bungara Estate Langkat, PTPN II Rs Tg. Selamat Langkat, PT. Indofood CBP sukses makmur, PT. Lafarge Cement Medan, PT. Musim mas Kim II Deli Serdang, PT. PD Paya Pinang Kbn Mandaris Sergei, PT. PP Lonsum Indonesia , Tbk Kbn Sei Bulan Sergei.

Diserahkan juga beasiswa Jamsostek kepada 6 orang pelajar dan 2 mahasiswa yakni Irene Vikalen Karolina dan Andre Ginting tingkat SD sebesar Rp. 1.800.000, Farid Yoanda dan Evira Sandra SMP Rp. 1.800.000, Yayang Novitasari dan Siti Ulina SMA Rp. 2.400.000 serta Boda Sari Handayani dan Asmaul Husna Mahasiswi Rp. 2.400.000.
Diakhir acara Sekdapropsu, Bupati Langkat dan para pimpinan perusahaan meninjau pelaksanaan donor darah dan pengobatan operasi katarak yang dilaksanakan pada stand-stand di seputaran Alun-alun T. Amir Hamzah.(Awaluddin /Langkat)

Posting Komentar

Top