0
AEK KANOPAN  | GLOBAL SUMUT - Pelaksanaan proyek perkersan jalan yang bersumber dari dana Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Tahun Anggaran (TA) 2012 sebesar Rp.1.596.110.200 yang dikerjakan oleh rekaan penyedia barang dan  jasa  CV Berkah Beringin Jaya yang memenangkan tender proyek diduga pelaksanaannya salah alamat, karena proyek perkerasan jalan itu dilaksanakan di Dusun Jatuhan golok Desa simandulang Kecamatan Kualuh Ledong Kabupaten Labuhanbatu  Utara (Labura) Provinsi Sumatera Utara(Sumut).
Pasalnya dalam papan plank merk proyek yang terpajang terlihat dengan jelas nama kegiatan perkerasan jalan dusun pangkalan lunang  Desa Pangkalan lunan menuju Tanjung Ledong Kecamatan Kualuh Ledong Kabupaten Labura dengan kontrak 67/PPK/BDB-WIL.I/SP/APBD/DPU-LBU/2012 tanggal 30 juli 2012, namun kenyataannya dilapangan proyek itu dikerjakan di dusun jatuhangolok.
Hal ini dikatakan  masyarakat Tajung Ledong yang mengetahui areal daerah Kecamatan Kualuh Ledong, dengan tegas dianya mengatakan pada media online Global Sumut.com, bahwa proyek dana BDB TA 2012 tidak ada di Dusun Pangkalan Lunang melainkan di daerah Jatuhan golok.
Sehingga kuat dugaan penyedia barang dan jasa yang memenangkan tender proyek perkerasan jalan yang bersumber dari dana  BDB itu sudah berkonsfirasi dengan PPK, Kadis PU, Pengawas, PPTK , jelas ini sudah menyalahi aturan .
Muhammad Nur(Kades) Kepala Desa Pangkalan Lunang yang dikonfirmasi media online globalsumut.com  dengan tegas mengatakan  tidak ada proyek perkerasan jalan dusun pangakalan lunang menuju Tanjung Ledong yang bersumber dari dana BDB TA 2012.

Muhammmad Nur juga mengherankan judul papan papan palnk proyek dusun pangkalan lunang menuju Tanjung Ledong  yang mencatut nana dusun Desa nya , tetapi proyek bukan disesanya.
Sangkot Kades Simandulang yang dikonfirmasi globalsumut.com mengakui ada proyek perkerasan didesanya  sebanyak tiga titik, namun secara formalnya sumber dananya Sangkot tidak mengetahuinya. Tetapi Sangkot merasa heran juga mendengar judul papan proyek dusun pangkalan lunang menuju Tanjung Ledong , yang proyek perkerasan jalan itu jatuh ke desa Simandulang.
Ketika hal ini dikonfirmasi media online globalsumut.com  Buha Tobing selaku PPK Dinas Pekerjaan Umum terkait proyek perkerasan jalan dusun pangakalan Lunang menuju Tanjung Ledong yang dikerjakan oleh CV Berkah Beringin Jaya yang bersumber dana BDB TA 2012, yang dilaksanakan proyek perkerasannya di Dusun Jatuhan Golok Desa Simandulang, dengan enteng mengatakan bahwa papan merk proyek yang terpajang itu salah tulis , kata Buha melalu telepon selulernya . Rabu (29/5)
Darwin Marpaung anggota pusat Badan Pengawas Hukum – Republik Indonesia ( BPH-RI) yang dimintai tanggapannya terkait pelaksanan   proyek perkerasan jalan dusun pangkalan Lunang menuju Tanjung Ledong yang diduga salah alamat alias dugaan dialihkannya ke Dusun Jatuhangolok, dengan tegas Darwin meminta penyidik penegak hukum agar menyelidiki pelaksanaan proyek perkerasan BDB TA 2012 yang salah alamat di Kecamatan Kualuh Ledong Kabupaten Labura.
Karena sesuai dengan data yang kita miliki dengan berita acara  hasil pemeriksaan /penyelesaian pekerjaan  selesai , sesuai dengan berita acara pemeriksaan kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Labura no.  /BAPK/DPU-LBU/2012 menyatakan kegiatan pekerjaan tersebut telah dilaksanakan  dan dapat diserah terimakan .Terkait pengakuan Buha Tobing selaku PPK yang mengatakan salah tulis judul proyeknya, sudah terlalu naif seorang PPK yang mempunyai gelar  sarjana tehnik(ST) mengatakan salah Tulis.
Safrin Ritonga SH Ketua LSM Non Goverment Organitation  DEFAKTO mengatakan pada media online globalsumut.com menuding keras penyedia barang dan jasa pepemenang tender dan PPK Dinas Pekerjaan Umum sudah berjamaah melakukan pekerjaan yang saling menguntungka pribadi yan mengakibatkan kerugian keuangan negaran dan yang merasakan dampaknya masyarakat pesisir pantai . Pasalnya , banyak pelaksanaan proyek yang bersumber dari dana BDB di Kecamatan Kualuh Ledong yang tidak tepat sasaran,salah satu contohnya pengakuan Buha Tobing selaku PPK mengatakan salah tulis judul merk papan proyek. Kalau judul papan merk proyeknya sudah salah tulis, bagaimana pula dengan volume fisik proyeknya??? Saya menduga penyedia  barang dan jasa dengan PPK nya sudah jelas ada terima “ Pago-pago” untuk memuluskan semua pekerjaanya.Kata Safrin(Andika/Untung/Labura)

Posting Komentar

Top