0
LANGKAT | GLOBAL SUMUT -Ketua Dekranasda  (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kab. Langkat Ny. Hj. Nuraida Ngogesa memberi bantuan  mesin pengolahan keramik Gerabah  dan peralatan pembuatan kerupuk emping di Kel. Kebun Lada Kec. Hinai (21/8).

Hj. Nuraida mengatakan semoga dengan peralatan yang diberikan dapat meningkatkan produksi dan perekonomian. Khususnya kepada Industri Kecil Menengah Hinai Keramik saya berharap dengan mesin yang baru pendapatan  semakin bertambah dan semoga lebih maju dan sukses. Saya berharap Kec. Hinai di Sumatera Utara maupun di Indonesia terkenal dengan usaha keramik gerabahnya.    

Lebih lanjut Ketua Dekranasda Nuraida yang juga Ketua TP.PKK  Kab. Langkat mengatakan selain itu kerupuk emping yang dibuat didaerah Kec. Hinai rasanya sangat lezat dengan dibantunya kuali untuk penggorengan bisa meningkatkan produksi, sembari mengatakan bahwa Dekranasda Kab.Langkat setiap saat selalu memperhatikan setiap Industri Kecil Menengah ( IKM ) yang produksinya bisa meningkatkan perekonomian buat masyarakat dan pemasarannya Dekranasda siap membantu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Langkat Drs. Basrah Pardomuan dalam laporannya menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan kepada IKM Hinai Keramik berupa mesin pengolahan gerabah dan tungku pembakaran dengan menggunakan gas sehingga diharapkan hasilnya bisa 4 kali lipat dan produksinya lebih cepat.

Selain itu juga Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH melalui Disperindag memberikan bantuan kuali penggorengan kepada 10 kelompok IKM emping yang ada di Kec. Hinai, sekaligus menambahkan bahwa Disperindag Kab. Langkat juga telah memberikan bantuan kepada IKM di beberapa Kecamatan yang ada di Kab. Langkat.

Camat Hinai Yushilda Usman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH dan ketua Dekranasda Hj. Nuraida atas bantuannya kepada kelompok IKM yang ada di Kec. Hinai, dan berharap kepada kelompok IKM agar bantuan yang di berikan bisa mengangkat perekonomian masyarakat di daerah ini.

Pada hari yang sama, Hj. Nuraida juga menyerahkan bantuan kepada IKM Gula Merah di Desa Dogang Kec. Gebang berupa cetakan gula merah.(Red/Gs)

Posting Komentar

Top