0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Seorang notaris merupakan pembuat dokumen yang  kuat dalam suatu proses hukum. Peranan seorang notaris dalam hal ini untuk mencegah terjadinya persoalan antara pihak-pihak, member pelayanan kepada semua pihak. Untuk mendukung itu tentunya seorang notaries harus mengerahkan segala ilmu  pengetahuan yang dimiliki.
               
Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ketika membuka  acara pembekalan dan penyegaran ilmu pengetahuan sekaligus  Konfrensi Daerah (Konferda) ke-XXI Ikatan Norais Indonesia (INI) Medan periode 2013-2016 di Balai Citra Hotel  Tiara Medan, Sabtu (5/4).
               
Untuk itulah melalui kegiatan ini, Eldin berharap  agar  INI Medan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu mereka juga harus dapat dipercayai masyarakat, adanya jaminan hukum dan bukti-bukti yang kuat dan tidak  memiliki cacat hukum di mata masyarakat.  Eldin ingin INI Medan melakukan hal sama dengan Pemko Medan dengan mencanangkan 2014 sebagai tahun peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
               
Dihadapan Ketua Pengda INI Kota Medan sekaligus Pengurus Wilayah INI Sumut Risna Rahmi Arifa SH, Ketua Dewan Kehotmatan Daerah INI Kota Medan Cipto Sunaryo SH,  Dr Habib Adjib SH MKN selaku narasumber serta  perserta yang mengikuti acara tersebut, Eldin  mengtatakan keberadaan lembaga notaris di Indonesia senantiasa dikaitkan dengan keberadaan ilmu hukum.
               
“Karena itulah saya sangat mendukung sekali kegiatan pembekalan dan penyegaran ilmu pengetahuan yang diadakan INI Kota Medan. Saya menilai kegiatan ini sangat bermanfaat  sekali bagi anggota notaris dalam membekali dan menyegarkan kembali ingatan akan ilmu  kenotariatan. Di samping itu kegiatan ini tentunya sebagai salah satu bentuk pemenuhan SDM yang handal dan faham betul akan tugas maupun fungsinya di bidang ilmu kenotariatan,” kata Eldin.
               
Kemudian Eldin mengungkapkan, peran serta INI Medan selama ini sangat membantu Pemko Medan dalam rangka perhitungan maupun jual beli antar pihak-pihak dalam rangka pengembangan untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Selain itu INI juga membantu dalam perolehan Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan pengurusan sertifikat tanah.

“Kita harapkan peran serta ini terus ditingkatkan dalam pengembangan Kota Medan. Untuk itu INI dan Pemko Medan harus terus bersinergi lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Apalagi peran serta INI selama ini sangat berarti sekali bagi Pemko Medan,” ungkapnya.

Sementara itu  Dody Safnul SH MKN selaku Ketua Panitia Konferda ke-XXI INI Kota Medan mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan ini  guna mencari pengurus baru Pengda INI Medan periode 2013-2016. Hal ini dilakukan sesuai dengan roda organisasi berdasarkan AD/ART Pengda INI Kota Medan.

“Jadi dalam konferda ini, kita mencari figure pengurus Pengda INI Medan yang baru dan mampu membawa organisasi ini lebih maju dan berkibar ke depannya. Selain itu pengurus baru harus memiliki rasa memiliki kepada seluruh anggota dan bisa mengayomi seluruh anggota. Jadi sebagai ketua panitia pelaksana, saya bertugas mengantarkan konferda ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pengurus baru yang sesuai dengan harapan,” jelas Dody.
Acara pembukaan pembekalan dan penyegaran ilmu pengetahuan sekaligus Konferda ke-XXI Pengda INI Medan ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Plt Wali Kota Medan. Setelah itu Eldin menerima cindera mata dari  ketua panitia dan dilanjutkan dengan silaturahmi dengan seluruh peserta. (Wagianto)

Posting Komentar

Top