0
BELAWAN I GLOBAL SUMUT – Peranan Pers tak bisa dipungkiri sebagai pilar di dunia ini, bayangkan saja tanpa ada Pers dan wartawan maka dunia ini akan gelap dan bodoh karena Pers tak hanya memberikan informasi dan inpirasi melainkan turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kebebasan Pers telah dijamin dalam UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers yang didalamnya juga terkandung kode etik jurnalistik, makanya pekerja Pers sebenarnya tak dapat langsung diterapkan dengan hukum KUHPidana melainkan harus dikembalikan pada Undang-undang Pers yang juga
merupakan salah satu undang-undang  spesialis (khusus).

Bila ada yang keberatan mengenai pemberitaan misalnya mengenai berita pencemaran nama baik serta fitnah, maka korban pemberitaan bisa melayangkan surat bantahan (Klarifikasi) maupun somasi ke dewan Pers apabila bantahan tak kunjung disiarkan, dari itulah kinerja profesionalisme seorang wartawan sangat dituntut guna melahirkan pemberitaan yang berimbang dan bermutu guna memenuhi informasi bagi masyarakat.

Demikian kata ketua DPP Korps Wartawan Republik Indonesia (KOWRI) JBT.Manalu, SE saat berikan kata sambutannya di acara pelantikan DPC. Korp Wartawan Republik Indonesia (DPC.Khusus KOWRI Medan Utara) Kota Medan melibatkan puluhan wartawan media cetak dan elektronik yang berlangsung sukses dan meriah di Wisma Marina Jalan Serma Hanafiah Belawan.Sabtu siang (05/04/2014).

Kegiatan pelantikan selain dihadiri puluhan wartawan yang bertugas di Medan bagian Utara dan Pelabuhan, juga turut dihadiri pihak Muspika maupun sejumlah pejabat instansi terkait serta para undangan di kawasan Medan Utara.

Sedangkan Ketua KOWRI Medan Utara yang baru dilantik M.H Sitorus, BA didampingi sekretarisnya Hasrat M.Sembiring pada acara pelantikan tersebut mengatakan, tujuan dibentuknya KOWRI khusus Medan Utara ini selain sebagai ajang silaturahmi antar insan Pers, juga sebagai wadah/organisasi profesi wartawan yang bertujuan untuk menciptakan insan Pers yang lebih profesional sebagai mitra dari masyarakat dan pemerintah.

Bertemakan, KOWRI menciptakan insan Pers yang bermartabat dan profesional, subtema, dengan terbentuknya dewan pengurus cabang khusus KOWRI Medan Utara ini mari kita ciptakan bentuk pelayanan sebagai mitra Pemerintah dan masyarakat yang lebih profesional serta menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran.

"Kalau diacara televisi ada debat anggota dewan atau caleg hingga menimbulkan bahasa ada Caleg abal-abal, maka di KOWRI ini saya tak mau dengar ada bahasa wartawan Abal-abal, marilah kita menjadi wartawan yang bekerja secara profesional dengan mengutamakan keseimbangan berita buka sentimen maupun menuruti egoisme belaka, ingatlah setajam-tajamnya mata pisau hanya melukai diluar muda diobati namun bila mata pena melukai hati sulit mencari obatnya, pesan Mutina Sitorus disambut tepuk tangan meriah.

Kata sambutan serta ucapan selamat dan sukses juga datang dari Waka Polres Pelabuhan Belawan Kompol Harmansyah dan Humas Belawan Internasional Contener Terminal (BICT) H.Tengku Irfansyah.Kompol Harmansyah mengaku, peran serta wartawan harus dijadikan mitra kerja sebab sebagaimana yang pernah dialaminya berkat pemberitaan wartawan ia bisa naik pangkat bahkan ada pula temannya karena pemberitaan salah paham menyebabkan temannya kena tegur pimpinannya hingga jabatannya mundur.

"Marilah kita bersama-sama menjadi mitra baik pada Pemerintah maupun ada masyarakat dalam memberikan informasi yang benar sehingga dengan informasi tersebut dapat menciptakan suasana yang kondusif,"pesan Waka Polres saat memberikan kata sambutannya mewakili Kapolres Pelabuhan
Belawan.(Red).

Posting Komentar

Top