0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melepas pendistribusian logistik pemilihan umum  (pemilu) untuk pemilihan legislatif (pileg) 2014 dari eks Bandara Polonia Medan, Sabtu (5/4).  Losgiltik pemilu ini akan didistribusikan ke-21 kecamatan di Kota Medan.  Namun untuk tahap awal, Mpendistribusian dilakukan untuk 8 kecamatan yaitu Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Deli, Medan Labuhan, Medan Petisah, Medan Barat, Medan Tuntungan dan Medan Maimun.
               
Saat melepas pendistribusian logistik pemilu, Plt Wali Kota turut didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan seperti Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta Karo Karo, Dandim 0201/BS Letkol Kav Setiawan Arismunandar, Danlanud Soewondo Medan Kol (Pnb) SM Handoko SIP MAP, Ketua KPU Kota Medan Yeni Chairiah Rambe serta  Ketua Panwaslu Kota Medan Teguh Satya Wira.
               
Sebelum melakukan pelepasan, Eldin beserta unsur FKPD Kota Medan lebih dahulu mengecek kelengkapan logistik pemilu yang akan didistribusikan, termasuk memeriksa segel  serta memastikan logistik pemilu dalam kondisi tergembok. Dari hasil pengecekan yang dilakukan, seluruh logistik pemilu sudah lengkap dan siap didistribusikan.
               
“Setelah kita lakukan pengecekana, seluruh logistik pemilu telah siap untuk didistribusikan. Untuk hari ini, kita awali  pendistribusiannya untuk 8 kecamatan . Pengawalan akan dilakukan pada saat proses pendistribusian berlangsung sampai  ke lokasi tujuan. Selanjutnya di kecamatan yang dituju, seluruh petugas  yang ada telah siap menerima logistik  pemilu tersebut,” kata Eldin.
               
Mantan Sekda Kota Medan ini berharap, proses pendistribusian dapat berjalan dengan lancar dan aman. Sebelum Pileg 2014 berlangsung 9 April mendatang, logistik  pemilu sudah sampai di seluruh TPS yang ada. Dengan demikian pada saat hari pencoblosan tiba, masyarakat yang telah memiliki hak pilih dapat menyalurkan suaranya.
               
Selanjutnya menyikapi  masuknya tahapan minggu tenang, Eldin mengajak seluruh peserta Pileg 2014 agar dengan penuh kesadaran dapat menurunkan atribut maupun alat peraga kampanye masing-masing. Untuk itu  telah dibentuk tim dari KPU, Panwaslu dan Pemko Medan guna melakukan pengawasan.
Kemudian kepada seluruh warga Kota Medan,  Eldin  selanjutnya menghimbau agar terus menjaga kekondusifan ibukota Provinsi Sumatera Utara  yang dicintai bersama ini. Sedangkan bagi peserta Pileg 2014, Eldin mengingatkan pasti ada yang menang maupun kalah. Untuk itulah  dia berharap agar  kemenangan maupun kekalahan  yang terjadi nanti tidak menyebabkan terganggunya kekondusifan di Kota Medan.

“Untuk itu saya berharap agar masing-masing peserta Pileg 2014 harus bisa menerima  apapun hasil yang terjadi, baik itu menang maupun kalah dengan lapang dada. Kita harus bisa bersabar dan tidak terprovokasi oleh siapapun. Kami bersama seluruh unsur FKPD Kota Medan akan terus bersinergi dan melakukan berbagai upaya sejak dini agar pelaksanaan Pileg 2014 di Kota Medan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta Karo Karo menegaskan, seluruh jajaran Polresta Medan yang berjumlah lebih kurang 2.200 personel bersama dengan Kodim 0201/BS serta seluruh Linmas Kota Medan siap melakukan pengamanan. Malah Plt Wali Kota Medan kata dia, telah menginstruksikan agar setiap kotak dikawal 2 petugas Linmas.
Nico berharap dengan kesiapan aparat Polri, TNI dan Pemko Medan mendukung kegiatan KPU Kota Medan ini akan membuat pelaksanaan Pileg 2014 di Kota Medan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu tambah Nico lagi, pihaknya juga akan melakukan pengamanan pada saat penghitungan suara nanti.

Kepada seluruh warga Kota Medan, Nico mengajak untuk datang ke TPS yang ada di wilayah tempat tinggalnya masing-masing untuk menyalurkan suaranya. Bagi  warga yang  tidak memiliki surat undangan untuk memilih, bisa ikut memilih dengan menunjukkan KTP maupun KK dengan menunjukkan kepada petugas yang ada di TPS.

“Jadi  kami berharap kepada warga yang telah memiliki hak untuk memilih, pergunakanlah hak itu dengan baik. Sedangkan bagi warga yang belum memiliki hak memilih, kami minta jangan membuast tindakan-tindakan  lain yang melanggar hukum. Saya kira jika kita semua dapat mematuhi hukum yang berlaku, tentunya pelaksanaan Pileg 2014 dapat berjalan dengan baik,”
pesannya.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Medan Yeni Chairiah Rambe mengatakan, seluruh logistik pemilu yang ditempatkan dalam kotak suara  ini berisi perlengkapan-perlengkapan untuk digunakan pada hari H Pileg 2014 di TPS-TPS seperti surat suara, tinta, alat coblos, alat bantu untuk tuna netra serta formulir untuk penghitungan suara di TPS nantinya.  Untuk tahap awal, logistik pemilu ini akan didistribusikan ke 8 kecamatan.

“Mudah-mudahan dari tanggal 5 sampai 8 April ini, seluruh kebutuhan kotak suara yang berjumlah 16.432 buah dan bilik suara yang juga berjumlah 16.432 buah dapat sampai di kelurahan dengan aman tanpa kekurangan satu apapun. Untuk bilik suara, sudah lebih dahulu kami distribusikan.  Kami selanjutnya berharap kepada pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan, termasuk juga Panwaslu. Kita berharap  nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harap Yeni. (Wagianto)

Posting Komentar

Top