0
MEDAN |GLOBAL SUMUT-Menyambut Bulan Puasa (Ramadhan) dan Lebaran Idul Fitri 1435 H, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menyatakan kesiapannya dalam merespon lonjakan arus barang dan penumpang di pelabuhan-pelabuhan di lingkungan Pelindo I seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya.
“Bulan Puasa dan menjelang perayaan Lebaran biasanya tingkat konsumsi masyarakat meningkat, sehingga akan banyak barang masuk, mendekati Lebaran arus penumpang juga meningkat. Sehingga kami melakukan persiapan baik fasilitas, peralatan, sistem maupun operasional,” kata     M. Eriansyah, Humas Pelindo I, Jum’at (13/06).
Eriansyah menjelaskan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat selaku Koordinator Pelaksana Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2014 (1435 H) Nomor : SK.2377/AJ.201/DRJD/2014 tanggal 2 Mei 2014 perihal Pos Koordinasi (POSKO) Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2014 (1435 H) Kementerian Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat.
Prediksi arus penumpang moda angkutan laut 2014 meningkat 5% dari tahun 2013.
“Pada tahun 2013 lalu, jumlah penumpang yang melalui pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo I yaitu Pelabuhan Belawan, Gunung Sitoli, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Sei Pakning, Tembilahan, Tanjung Balai Karimun dan Tanjungpinang sebanyak 51.075 orang. Dan tahun 2014 diprediksi naik 5% menjadi  53.628 orang” kata Eriansyah.
Menyikapi kondisi tersebut, Eriansyah menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan fasilitas yang mencakup fasilitas Embarkasi dan Debarkasi serta fasilitas Bongkar Muat, operasional serta keamanan dengan Tim Monitoring bersama pihak terkait.
“Fasilitas Embarkasi dan Debarkasi yang kami siapkan meliputi dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang,” jelas Eriansyah.
Untuk mengantisipasi lonjakan arus barang, Eriansyah menyatakan kesiapan dermaga, sispro (Sistem dan Prosedur) pelayanan kapal sembako, gudang, lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat , tenaga operasional di lapangan dan kesiapan Informasi dan Teknologi (IT).
Untuk monitoring Angkutan Lebaran 1435 H/ 2014 dimulai pada 15 Juli sd. 15 Agustus 2014. “Untuk wilayah kerja Pelindo I ada titik berat di 9 (Sembilan) Cabang Pelabuhan di Lingkungan Pelindo I yaitu Pelabuhan Belawan, Dumai, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Tembilahan, Sei Pakning, Tanjung Balai Asahan, Sibolga, dan Gunung Sitoli,” jelas Eriansyah.
Menindaklanjuti hal tersebut, Eriansyah memastikan bahwa pelabuhan-pelabuhan tersebut telah menyiapkan fasilitas dermaga, kapal pandu dan kapal tunda, dan terminal penumpang untuk mendukung kelancaran arus penumpang dan arus barang.
“Kami optimis, seluruh dermaga siap melayani kapal, seluruh gudang mampu menampung sejumlah muatan pada momentum Puasa dan Lebaran, terminal penumpang juga siap, sehingga lonjakan arus barang dan penumpang selama Bulan Puasa dan jelang Lebaran pada tahun ini akan berjalan lancar,” ungkap Eriansyah optimis.
Dalam pelaksanaan operasional, Pelindo I akan tergabung dengan tim dibawah koordinasi Otoritas Pelabuhan Belawan dalam Tim pemantau kesiapan Angkutan Lebaran dan membentuk Posko pelayanan.
 “Kami tidak hanya memastikan kesiapan seluruh fasilitas untuk kelancaran arus barang, tapi kami juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang jelang Lebaran dengan koordinasi bersama pihak terkait,” tegas Eriansyah. (GS-01)

Posting Komentar

Top