0
MEDAN | GLOBALSUMUT-Kesadaran akan pentingnya bahasa Inggris dalam melakukan komunikasi bisnis, mendorong sekelompok pegawai PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I untuk membentuk suatu forum atau wadah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa bisnis internasional. Dipelopori oleh Tim Humas dan didukung oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I, dibentuk suatu wadah belajar bahasa Inggris bersama secara informal yaitu English Club Pelindo I (ECP I), dengan kegiatan pertamanya “English Sharing Session” yang diadakan Kamis, (26/6) di Kantor Pusat Pelindo I di Medan. Sebagai awal untuk membangkitkan kesadaran pegawai dan minat terhadap bahasa Inggris, English Club Pelindo I mengadakan English Sharing Session. Sebagai pembicara
pertama adalah Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I, Iman A. Sulaiman dengan materi “World Containerization”. Dengan suasana informal, Iman menjelaskan dalam bahasa inggris tentang materi tentang Sejarah dan perkembangan Kontainerisasi didunia dan para peserta dapat secara langsung bertanya sehingga terjadi diskusi interaktif dalam bahasa Inggris.
Kegiatan pertama ECP I cukup menarik minat banyak pegawai. Sekitar 20 pegawai turut hadir dalam forum tersebut. Seluruh dari mereka mengharapkan agar forum ini rutin diadakan setiap minggu. “Saya sangat mengapresiasi forum ini. Bagus sekali. Bisa menambah pengetahuan kita tentang bisnis pelabuhan dan tentunya meningkatkan kita dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris,” komentar Sheila, salah satu peserta.
Iman menilai forum ini sangat bagus sekali. Sebagai perusahaan besar yang sering berhubungan dengan customer ataupun stakeholder yang lain baik nasional maupun internasional, penguasaan bahasa Inggris adalah keharusan karena bahasa Inggris telah ditetapkan sebagai
bahasa standar untuk bisnis internasional. “Bila kita melakukan secara rutin dengan hal yang sangat ringan, maka kita akan menguasainya,” kata Iman.
M. Eriansyah, Humas Pelindo I yang juga sekaligus Moderator Acara ini menjelaskan bahwa forum English Sharing Session adalah forum bebas dan sederhana yang dijadwalkan akan diadakan rutin dimana setiap pertemuan akan mendiskusikan sebuah topik yang tentunya berkaitan dengan bisnis kepelabuhanan baik dari sisi operasional, pemasaran, teknik, IT, keuangan, dll. Pembicara dalam forum ini berganti-ganti setiap minggu dan dapat diikuti secara bebas oleh pegawai Pelindo I. Pembicara akan menjelaskan dalam bahasa Inggris dan para peserta dapat secara bebas mendiskusikan topik tersebut dalam bahasa Inggris. “Selain sharing knowledge antar bidang, para peserta juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dan tentunya kemampuan Public Speaking,” kata Eriansyah.
Eriansyah yang didampingi Lailatul Qomariyah staf humas yang bertindak sebagai sekretaris Forum ini menambahkan bahwa forum ini bukan hanya sekedar untuk memenuhi
kebutuhan profesional, namun juga bisa menjadi forum untuk memotivasi para pegawai untuk lebih maju dan mengembangkan diri lebih baik lagi. Forum yang didesign seperti presentasi bisnis juga akan mengasah kemampuan untuk melakukan komunikasi bisnis kepada stakeholder dalam bahasa Inggris, karena setiap peserta didalam forum ini dilibatkan aktif untuk semuanya bisa tampil berbicara, tentunya dalam bahasa inggris.
Menurut Eriansyah, bisnis kepelabuhanan adalah bisnis yang luas dan memiliki knowledge bisnis dan operasional yang cukup teknis. Melalui forum ini, peserta dengan latar belakang yang berbeda-beda dapat membagi ilmunya ke peserta lain. “Forum ini sangat bermanfaat. Saya harap kedepannya, pesertanya lebih banyak lagi dan tentunya konsisten dilakukan,” harap Eriansyah.   (GS-MDN)

Posting Komentar

Top