0
BELAWAN  | GLOBAL SUMUT-Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia bila dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Hal tersebut disebabkan Allah SWT menurunkan surat suci Al Qur’an kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Kita suci Al Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan Allah kepada manusia pada abad 15 silam.
               
Hal ini disampaikan Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ketika menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an di arena Ramadhan Fair di halaman Majis Muhammadiyah Jalan Kol L Yos Sudarso Medan Belawan, Sabtu (19/7).
               
Sebagaimanan diketahui Al Quran, jelas Eldin,  memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh mukjizat  yang lain. Sejak pertama kalin diturunkan, Al Qur’an telah mampu merubah pradigma peradaban umat manusia dari bentuk kesesatan menuju kebenaran dan kebahagiaan dunia akhirat. Hal ini merupakan salah satu makna  utama jaran dan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam Al Qur’an.
              
“Al Qur’an juga mengajarkan tanggung jawab social kepada setiap orang  yang memiliki harta dan kekayaan untuk membantu kaum dhuafa agar dapat keluar dari lingkaran kemiskinan. Kita diminta menyantuni mereka  dengan mengeluarkan zakat serta dianjurkan  bersedekah guna mensucikan harta sekaligus menolong sesama umat,” kata Wali kota.
               
Untuk itulah melalui momentum Nuzulul Qur’an ini, Wali kota ingin menyampaikan pesan-pesan pembangunan seperti menciptakan Kota medan sebagai kota religious sekaligus  menjadikannya symbol, karakter dan identitas kota. Kemudian, mengajajk menciptakan masyarakat kota yang bermartabat. Selain itu meningkatkan etika, moral dan solidaritas social dalam pembangunan agat sermua masyarakat dapat berpartisipasi mewujudkankesejahteraan.
               
“Di samping itu mari kita jaga, pelihara dan tingkatkan harmonis kehidupan beragama dan bermasyarakat sehingga kita tetap bersatu padu bergandengantangan  bersama membangun kota. Perlu kita pahami, upaya yang terus menerus dilakukan sesungguhnya bukan hanya sekedar melaksanakan priotitas program pemerintah tetapi juga merupakan wujud nyata  pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan yang diperintahkan oleh agama kita,” ungkapnya.
               
Wali kota mengajak semua untuk merenungkan makna peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan malam. “Mari kita tingkatkan iman, ilmu dan kepedulian kita kepada sesame,” ajaknya.
               
Sementara itu Al ustadz Zaky Mirza dalam tausiahnya  mengatakan, tanda kecintaan kepada Allat SWT dengan melaksanakan. Sebab, Allah tidak akan pernah lupa sedetikpun kepada umatnya. “jadi rasa kecintaan kita kepada allah harus dibuktikan dengan menahan rasa haus dan lapar, serta melakasnakan ibadah-ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan ini,” kata Mirza.
               
Selanjutnya Wali kota didampingi Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis menyerahkan paket bantuan kepada masyarakat Medan Belawan yang berhak menerimanya. Acara ini turut dihadiri Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, pimpinan SKPD di lingkungan pemko Medanalim ulama dan  tokoh masyarakat.(Wagianto)

Posting Komentar

Top