0
MEDAN | GLOBAL SUMUT - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Tengku Erry Nuradi menyatakan apresiasi atas terselenggaranya Konser Melayu Bagus di Medan. Kegiatan tersebut dinilai efektif dalam upaya melestarikan adat istia dan budaya Melayu sebagai salah satu aset bangsa.

Apresiasi tersebut disampaikan Wagub Tengku Erry Nuradi saat menghadiri Konser Melayu 2014 yang berlangsung meriah di halaman Istana Maimun, Jalan Katamso, Medan, Jumat (5/9/2015) malam. Pembukaan acara dilakukan oleh Staf Khusus Menko Kesra Leo Nababan.

Hadir kesultanan dan keluarga, pemangku adat Melayu serta sejumlah penyanyi dalam acara tersebut diantaranya Rosa, Fatin, Husein Idol dan artis lainnya yang akan membawa lagu-lagu Melayu. Selain itu, turut memeriahkan Nassa, penyanyi asal Brunai Darussalam.

Dalam sambutannya, sebagai putera Melayu, Wagub Tengku Erry menyatakan rasa bangga terhadap Melayu sebagai salah satu etnik nusantara. Apalagi bahasa Indonesia berasal dari Melayu.

“Bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu. Bahasa ini juga yang menjadi pemersatu bangsa hingga saat ini,” sebut Erry.

Erry juga mengatakan, Konser Melayu Bagus 2014 merupakan salah satu upaya melestarikan adat istiadat dan budaya Melayu yang tersebat di Asia Tenggara meliputi Malaysia, Brunai Darussalam, Thailand dan di sejumlah negara lainnya.

Sementara Staf Khusus Menko Kesra Leo Nababan dalam sambutannya mengatakan, selain melestarikan  budaya, Konser Melayu Bagus 2014 diharapkan menjadi agenda tahunan yang dapat merangsang tingkat kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Ada banyak kegiatan yang ditampilkan. Ada tarian Melayu, silat, bazar dan kuliner. Ini baik untuk menarik wisatawan datang ke Medan. Saya yakin mereka akan tertarik melihat khazanah budaya yang ditampilkan,” sebut Leo.

Sedangkan Ketua Pelaksana Kegiatan Darmansyah mengatakan, Konser Melayu Bagus 2014 menjadi momen berharga untuk mengembangkan kembali kecintaan terhadap budaya Melayu sekaligus melestarikannya di tengah masyarakat.

“Saat ini budaya dan kesenian Melayu sudah bergeser sangat jauh dari asalnya sehingga dengan konser ini, saya harap generasi sekarang mengenal kebudayaan dan kesenian khususnya musik Melayu yang sebenarnya,” ujar Darmansyah.

Konser Melayu Bagus 2014 menampilkan berbagai rangkaian kegiatan bernuansakan Melayu seperti kesenian Hadrah dan Lintau yang dipadu dengan musik orkestra diharapkan dapat memberikan kontribusi dan menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Utara.

“Saya harap Konser Melayu Bagus 2014 di Istana Maimun malam ini sebagai titik awal memperkenalkan musik melayu kepada generasi muda di Indonesia,” tambah Darmansyah.

Konser ini juga mendapat dukungan penuh oleh Pemerintah Provinsi Sumut. (Red/GS/Mdn)

Posting Komentar

Top