0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Di tengah guyuran hujan deras, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memimpin pengorekan parit di Jalan Rawe Sei Pesangan Perumahan Griya Martubung, Kelurahan Besar Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (18/2).  Pengorekan ini dilakukan untuk mendalamkan kembali parit yang telah mengalami sendimentasi tersebut. Dengan demikian parit bisa menampung debit air  mengingat intensitas hujan belakangan ini cukup tinggi.

Untuk menuju ke lokasi pengorekan, Wali Kota didampingi Kadis Bina Marga Kota Medan Ir Khasirul Syahnan harus menggunakan mobil pick-up  double cabin  mengingat kondisi jalan cukup jelek. Pengorekan parit dilakukan dengan menggunakan  1 unit alat berat jenis backhoe milik Dinas Bina Marga Kota Medan.

Kondisi parit cukup memprihatinkan. Selain mengalami sendimentasi (pendangkalan), juga dipenuhi sampah. Kondisi itu menyebabkan parit tidak mampu menampung curah hujan sehingga meluap menggenangi  sawah dan rumah warga. Sebelum dilakukan pengorekan, air parit mengalir sangat lambat.  Setelah dilakukan pengorekan, barulah air mengalir semakin lancar.

Wali Kota berulangkali memberikan instruksi kepada Kadis Bina Marga untuk diteruskan kepada anggotanya yang mengemudikan backhoe. Selain ingin mendapatkan hasil maksimal, mantan sekda Kota Medan ini mau pengorekan yang dilakukan dapat mengatasi persoalan banjir yang acapkali terjadi setiap hujan deras turun.

“Parit ini sudah lama tidak dikorek sehingga mengalami pendangkalan. Tentunya hal ini tidak bisa dibiarlan, sebab fungsi parit untuk menampung sekaligus mengalirkan air tidak berfungsi maksimal. Untuk itulah kita lakukan pengorekan hari ini. Semoga dengan pengorekan ini, parit kembali dalam sehingga mampu menampung debit air terutama pada saat hujan deras turun,” kata Wali Kota.

Setelah parit dikorek, Wali Kota minta kepada Camat Medan Labuhan Arahman Pane untuk melakukan pengawasan dan terus memberikan sosialisasi kepada warga untuk tidak membuang sampah ke dalam parit. Selain itu rutin mengajak masyarakat untuk bersama-sama membersihkan dan mengorek parit . “Jika butuh alat berat untuk mendukung kelancaran pengorekan parit, segera sampaikan kepada Dinas Bina Marga  agar dibantu,” ungkapnya.

Mengingat intensitas hujan belakangan ini cukup tinggi, Wali Kota telah mengistruksikan kepada Dinas Bina Marga untuk terus melakukan pengorekan parit maupun drainase secara rutin guna meminimalisir titik-titik genangan air. Wali kota optimis jika parit maupun drainase tidak tersumbat atau mengalami pendangkalan, genangan air tidak akan terjadi. (wagianto)

Posting Komentar

Top