0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Untuk mendukung percepatan bisnis pada tahun 2015 ini, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menyelenggarakan program peningkatan kompetensi bisnis pelabuhan kepada SDMnya melalui pelatihan “Bisnis Pelabuhan dan Management Operasi Terminal” pada tanggal 17 s.d 18 Februari 2015 bertempat di Kantor Pusat Pelindo I di Medan.

Pelatihan ini merupakan inhouse training dimana yang menjadi instruktur/pengajarnya adalah pegawai Pelindo I sendiri yang sebelumnya sudah memperoleh pelatihan “Training for Trainers”. Pelatihan ini sendiri bertujuan untuk mengembangkan kompetensi pegawai/peserta diklat agar mampu memahami jasa layanan utama dalam bisnis pelabuhan, memahami Key Success Factors dalam bisnis pelabuhan, memahami elemen-elemen kunci dalam pelayanan terminal yang professional, dan memahami indikator kinerja pelayanan terminal.

“SDM merupakan asset penting perusahaan. Pengelolaan SDM yang tepat akan mendukung tercapainya tujuan dan pengembangan bisnis perusahaan. Untuk memastikan pengelolaan SDM yang tepat tersebut, maka telah disusun serangkaian tahapan Training Need Analysis (TNA) untuk menentukan training/pelatihan yang tepat untuk seluruh pegawai, yang bertujuan untuk pengembangan kompetensi pegawai dimaksud”, jelas Direktur SDM dan Umum Pelindo I, M. Hamied Wijaya saat membuka pelatihan ini.

Lebih lanjut, Hamied Wijaya mengharapkan agar para pegawai yang mengikuti pelatihan ini dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik mungkin untuk mengembangkan wawasan, memperoleh solusi atas permasalahan yang sering dihadapi pada pekerjaan sehari-hari di lapangan, dan menemukan inovasi dan ide-ide baru untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan kepada pelanggan.

Sementara ACS Humas Pelindo I M. Eriansyah melalui staf Rica Agnes, menambahkan bahwa Pelatihan ini diikuti oleh pegawai Pelindo I yang bekerja di bidang operasional yang ada di Kantor Pusat maupun cabang-cabang pelabuhan lainnya. Untuk materi pelatihan ini sendiri terdiri dari Pengenalan Bisnis Kepelabuhanan, pemahaman mengenai manajemen perencanaan dan operasi terminal, pemahaman mengenai fasilitas, sarana dan perlengkapan peralatan kerja utama terminal, pemahaman mengenai proses bisnis dalam pelayanan terminal, pemahaman mengenai peningkatan kinerja operasi terminal, evaluasi kinerja operasional, dan pemahaman mengenai key success factors dalam bisnis kepelabuhanan.(Abu)

Posting Komentar

Top